Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dapil IX Provinsi Jatim

Kuburan Bagi Pendatang Baru

Jumat, 4 Januari 2019 13:58 WIB
Abidin  Fikri (kiri) caleg dari PDI Perjuangan dan Didik Mukrianto (kanan) caleg dari partai Demokrat
Abidin Fikri (kiri) caleg dari PDI Perjuangan dan Didik Mukrianto (kanan) caleg dari partai Demokrat

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan (Dapil) IX Jawa Timur (Jatim) jadi kuburan bagi new comer atau pendatang baru. Pasalnya, seluruh petahana atau incumbent kembali maju di dapil dengan cakupan wilayah Bojonegoro dan Tuban ini. Butuh strategi khusus untuk merebut kursi.

Baca juga : Cak Imin Main Aman, Denada Pertahankan Kursi Eko Patrio

Berdasarkan data KPU, ada 83 caleg di dapil ini berebut 6 kursi DPR. Dapil ini bisa jadi kuburan bagi caleg baru. Sebab 100 persen petahana maju lagi.  PKB, misalnya, memunculkan lagi petahana Lukmanul Khakim. Sosoknya tidak main-main. Dia adalah anggota Komisi XI DPR, Wasekjen DPP PKB dan Sekretaris Umum Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU).

Baca juga : Kang Emil Disemprot, Netizen Pasang Badan

Partai Gerindra juga menempatkan petahana Wihadi Wiyanto. Popularitasnya tak diragukan. Pada Pileg 2014, anggota Komisi III DPR (bidang hukum) ini berhasil meraup 29.133 suara. PDI Perjuangan juga menurunkan petahana Abidin Fikri. Bagi warga Bojonegoro dan Tuban, wajah anggota Komisi IX DPR ini tidak asing lagi. Dia juga menjabat Sekretaris Fraksi PDIP di MPR. 

Baca juga : Ibas Oke, Budiman Oke, Apalagi Johan

Partai banteng pimpinan Megawati Soekarnoputri ini juga menurunkan mantan Wakil Bupati Bojonegoro Setyo Hartono. Partai Golkar tidak mau kehilangan kursi. Beringin main aman dengan menurunkan petahana Satya Widya Yudha. Yudha merupakan Wakil Ketua Komisi IDPR. Namanya melambung saat muncul pembahasan RUU Anti Terorisme.  Tak sampai di situ, partai beringin pun menurunkan mantan Bupati Tuban dua periode, Haeny Relawati. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.