Dark/Light Mode

Teka-teki Cawapres Ganjar, Hasto: Bukan Cuma Mister X, Tapi Bisa Miss X

Senin, 25 September 2023 21:40 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyapa wartawan usai silaturahmi dengan Presiden Joko Widodo di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/5). (Foto: RM/Randy Tri Kurniawan)
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyapa wartawan usai silaturahmi dengan Presiden Joko Widodo di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/5). (Foto: RM/Randy Tri Kurniawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menegaskan bahwa Rakernas IV PDIP mendatang, tidak akan membahas cawapres pendamping bakal Capres 2024, Ganjar Pranowo. Soal sosoknya, Hasto menyebut bukan cuma Mister X, tapi bisa juga Miss X. Nah, siapa itu?

Pernyataan tersebut disampaikan Hasto menjawab awak media di acara diskusi tentang Pengembangan Pangan dari Laut untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Rakyat Secara Berkelanjutan di kantor PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Senin (25/9).

Ia menjelaskan bahwa di Rakernas nanti, PDIP akan lebih berfokus pada isu kedaulatan pangan. PDIP akan menghadirkan ribuan petani dan juga perwakilan nelayan dari seluruh Indonesia.

"Ada petani yang berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat. Ada para peneliti, kemudian berbagai tanaman multikultural termasuk kopi, teh, dan sebagainya yang kemudian akan menjadi komitmen," kata Hasto.

Baca juga : Presiden Apresiasi Kepada Investor IKN: Ini Bukan Investasi Sia-sia

Rakernas ke IV ini akan berlangsung di Kemayoran, Jakarta Pusat, selama 3 hari. Mulai hari Jumat, 29 September hingga  Minggu, 1 Oktober 2023.

Terkait dengan cawapres, Hasto menegaskan bahwa pembahasan akan dilakukan pada waktu yang tepat. Ia beralasan masih ada waktu yang cukup untuk mengerucutkan nama pendamping Ganjar tersebut.

"Pendaftaran di KPU sendiri itu, kan, baru dilakukan pada tanggal 19 Oktober. Dimulai 19 Oktober kalau tidak salah sampai 25 Oktober," lanjutnya.

Dengan sisa waktu yang ada, PDIP akan melakukan kalkulasi politik dengan matang dan menyiapkan pembentukan jajaran tim pemenangan dari pusat hingga ke daerah-daerah.

Baca juga : Polling Senopati Syndicate: Cawapres Ganjar dan Prabowo, Mahfud Tertinggi

"Jadi skala prioritas sekarang itu mempertajam narasi tentang masa depan Indonesia yang akan diusung oleh Pak Ganjar dan Mister X-nya kemudian," kata dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu.

Ketika ditanya siapa sosok Mister X itu, Hasto mengatakan bahwa sosok tersebut bukan cuma mister atau pria, tetapi bisa juga Miss X atau perempuan. 

"Juga bisa Miss X, gitu kan. Kan, perempuan itu, kan," terangnya.

Apakah pendamping Ganjar akan berhadir di Rakernas?

Baca juga : Cari Cawapres, Hasto Masih Buka Hati Ke Ridwan Kamil

Menjawab ini, Hasto menegaskan bahwa tokoh bakal calon wakil presiden yang akan diusung, masih dirahasiakan.

"Masih dipersiapkan, belum dimunculkan secara khusus," tuturnya.

Tokoh yang diundang hadir di Rakernas antara lain adalah akademisi yang menaruh perhatian masalah pangan, parpol pengusung Ganjar, dan para menteri yang menjadi sahabat Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Tentu saja yaitu Bapak presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin juga kami undang," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.