Dark/Light Mode

Adu Mekanik Dan Strategi Pemenangan

PKB Pakai Pengepungan, PDIP Andalkan Bertahan Dan Serangan Balik

Kamis, 5 Oktober 2023 22:33 WIB
Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. Foto: Istimewa
Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan dan PKB adu strategi memenangkan suara pemilih, khususnya di Jawa Tengah (Jateng). PKB yakin bisa merampok suara di basis Banteng.

PDIP, tak mau kalah. PKB disebut bakal terkaget-kaget dengan serudukan balik kader Banteng.

Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul menanggapi keinginan PKB menguasai Jateng yang dilontarkan oleh Cawapres Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Pacul yakin, Banteng bakal mempertahankan kemenangan partainya dalam Pemilu, apalagi di Jawa Tengah. Pacul mengimbau, Cak Imin jangan terlalu kaget melihat strategi yang sudah disiapkannya.

Baca juga : Atikoh Ganjar Bicara Pemberdayaan Perempuan Bersama Nyai Dan Ning Di Surabaya

Kata Pacul, strategi banteng meraih kemenangan memakai Catenaccio. Polanya yakni bertahan, dan serangan balik kilat yang mengejutkan.

"Sistem Catenaccio adalah tidak mengizinkan satu pun penyerang masuk menembus garis pertahanan. Jadi semacam gerendel. Bersamaan kita menyiapkan serangan balik yang efektif," kata Pacul kepada wartawan di Jakarta, Rabu (4/10).

Dikatakan, bertahan sekaligus menyerang efektif ini bakal membuat PKB terkejut. Apalagi di Jateng, basis merah sejak dulu kala.

"Catenaccio ini bertahan dan menyerang ramai-ramai. Susah buka gerendel, lantas terkaget-kaget kena serangan balik. Kemudiab surrender, nyerah gitu loh," yakinnya.

Baca juga : Kukuhkan Struktur Pemenangan, Relawan Ganjar Bidik Suara Buruh Nelayan Di Subang

Ia suah menyiapkan empat regu untuk menerapkan strategi ini. Yakni pasukan bintang, pasukan gorong-gorong, pasukan burung hantu, dan pasukan sicita. Ratusan ribu kader Banteng masuk dalam skuad empat regu ini.

"Pasukan bintang pertahanan utama, serangan balik pakai pasukan gorong-gorong dan burung hantu. Pasukan sicita bagian kegembiraan dalam kontestasi ini. Jadi mari bergembira saja, jangan tegang-tegang," katanya.

Sebelumnya, Cak Imin saat di Pondok Pesantren Darussalam, Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (3/10), meminta pasukannya bekerja keras memenangkan suara di Jateng. "Ayo bergerak masif dua bulan ke depan. Insyaallah targetnya nggak usah duwur-duwur (tinggi-tinggi), PKB ngalahke (mengalahkan) PDIP neng (di) Jawa Tengah," tutur Cak Imin menyakinkan kadernya.

Setelahnya, Cak Imin pun merespons strategi Catenaccio yang diungkapkan Pacul. PKB, kata Cak Imin, sudah menyiapkan strategi jitu, yakni pengepungan.

Baca juga : Gerakan Panrannuangku Ganjar Adakan Lomba Tangkap Bebek

"Kalau Mas Bambang Pacul sudah mengeluarkan catenaccio, kami akan mengeluarkan strategi desa mengepung kota," kata Cak Imin usai menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (5/10).

Untuk menerapkan strategi pengepungan ini, Cak Imin siap menggerakkan seluruh kader PKB. "Minimal, insyaallah setidaknya imbang dengan PDIP di Jawa Tengah," yakinnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.