Dark/Light Mode

Di HUT ke-74 TNI

SBY dan Mega Begitu Hangat

Minggu, 6 Oktober 2019 06:16 WIB
SBY menyalami Megawati di HUT ke-74 TNI, di Halim Perdanakusuma, Sabtu (5/10). (Foto: Istimewa)
SBY menyalami Megawati di HUT ke-74 TNI, di Halim Perdanakusuma, Sabtu (5/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Puncak peringatan HUT TNI ke-74 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, kemarin, jadi ajang reuni para mantan pemimpin dan pejabat tinggi negara. Mereka memanfaatkan waktu yang ada untuk bersapa atau bertanya kabar setelah sekian lama tak berjumpa. Salah satu yang mendapat perhatian adalah momen pertemuan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 SBY yang tampak hangat dan akrab.

Sepuluh menit sebelum acara para tamu VVIP sudah tiba di lokasi. Para tamu VVIP ini duduk di kursi yang ada di barisan paling depan. Mereka antara lain SBY yang didampingi putra sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ketum Demokrat itu tampak gagah dengan seragam dinas upacara TNI warna hijau tua. Lengkap dengan empat bintang di pundak dan berbagai lencana dan penghargaan yang disematkan di dada. Ada pun AHY tampil dengan jas hitam dengan baret dan dasi warna hijau.

Selain SBY tampak juga para mantan presiden dan wakil presiden, seperti Megawati Soekarnoputri, Try Sutrisno, Hamzah Haz, serta Boediono. Datang pula istri mendiang Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid yang didampinya putrinya, Yenny Wahid. Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo juga hadir. Dia membaur dengan petinggi negara lainnya dalam acara tersebut.

Baca juga : HUT ke-74 KAI, Menteri Rini Ikut Jalan Sehat di Bandung

Dari kalangan pejabat hadir Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman. Para menteri kabinet juga terlihat hadir, seperti Menkopolhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, serta menteri lainnya.

Keakraban para mantan pejabat itu terlihat usai acara. Usai acara, Presiden Jokowi tampak menghampiri para tamu untuk bersalaman. Eks Walikota Solo itu kemudian menyalami SBY dengan penuh senyum. Keduanya tampak terlibat perbincangan hangat meski hanya sejenak. Momen tersebut disaksikan langsung oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

SBY kemudian menyalami Luhut Binsar Panjaitan, lalu bersalaman dengan Megawati yang tampil dengan kebaya berwarna biru dilengkapi selendang warna putih. Keduanya saling bertukar senyum. Momen tersebut membuat para tamu lain, seperti Puan Maharani, Bambang Soesatyo, Wiranto yang menyaksikan momen itu ikut tersenyum. Mungkin jarang-jarang melihat keakraban kedua tokoh tersebut.

Baca juga : HUT ke-74 KAI, Menteri Rini Resmikan Monumen Lokomotif di Bandung

Seperti sudah jadi rahasia umum bahwa hubungan SBY dan Mega mendingin sejak 2004. SBY kemudian melanjutkan tegur sapa dengan Boediono. Bersama mantan wapresnya itu, SBY terlihat duduk berbincang.

Momen keakraban para mantan pemimpin negara dan pejabat ini juga diungkapkan oleh Ustad Yusuf Mansur yang ikut hadir di acara itu. Dai kondang itu mengunggah foto saat ia bersalaman dengan SBY. Kepada SBY, ia mengaku, mendoakan agar SBY selalu bahagia dan sang istri Ani Yudhoyono dapat diterima disisinya.

"Buat Pak SBY, hari tadi jadi kayak reunian. Tadi ada juga Bu Mega. Ada Pak Hamzah Haz. Pak Try Sutrisno dan Pak Boediono. Hadir juga jenderal-jenderal purnawirawan lain," tulis @yusufmansurnew. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.