Dark/Light Mode

Perempuan Bangsa Siapkan Kader Berkualitas untuk 2024

Sabtu, 5 Oktober 2019 23:01 WIB
Siti Mukaromah (Foto: Istimewa)
Siti Mukaromah (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilu 2024 masih sangat jauh. Anggota DPR 2019-2024 baru saja dilantik. Meski begitu, Perempuan Bangsa sudah mulai memfokuskan program penyiapan kader berkualitas untuk memenuhi kuota 30 persen sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2024 mendatang.

"Afirmasi 30 persen dalam Undang-Undang akan dibarengi dengan peningkatan kualitas kader perempuan. Tidak hanya sebatas untuk memenuhi kuota 30 persen calon anggota legislatif. Perempuan harus siap menduduki 30 persen kursi legislatif. Tidak hanya sebagai caleg," kata Ketua Perempuan Bangsa, Siti Mukaromah, dalam Musyawarah Wilayah III Perempuan Bangsa Jawa Barat, di Bandung, Sabtu (5/9). 

Baca juga : Save Puncak, BPTJ Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Untuk memenuhinya, organisasi perempuan Badan Otonom Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini membentuk kepengurusan dengan koordinator wilayah yang akan melakukan pencarian dan membina kader potensial, serta melakukan peningkatan kapasitas kader perempuan di daerah-daerah. "Ada 2 hal yang kita lakukan, yakni secara kuantitas dan kualitas," ujar politisi yang akrab disapa Mba Erma ini.

Anggota DPR ini melanjutkan, secara kualitas Perempuan Bangsa akan membuat program-program pemberdayaan perempuan hingga ke daerah-daerah, menyesuaikan dengan perkembangan zaman. "Social media akan menjadi perhatian kita," sebutnya.

Baca juga : Beringin Bisa Calonkan Mantu Jokowi Jadi Calon Wali Kota Medan 2020

Dari sisi kuantitas, Perempuan Bangsa mengembangkan organisasi dengan merekrut generasi milenial dan membangun komunitas-komunitas yang berbasiskan masyarakat.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB, Syaiful Huda, menambahkan bahwa merebaknya komunitas-komunitas kekinian harus menjadi sasaran pemberdayaan perempuan. "Ada komunitas hijrah, komunitas hijabers, dan lain-lain. Ini harus kita bentuk," ujarnya.

Baca juga : Menhan Ingatkan Penyebar Hoaks Untuk Tobat

Pada Pemilu 2019 ini, PKB memperoleh peningkatan jumlah kursi di DPR dari 47 kursi menjadi 58 kursi. Sebanyak 12 orang di antaranya perempuan. Di Jawa Barat, jumlah kursi di Provinsi yang diperoleh juga meningkat. Dari 7 kursi menjadi 12 orang. Dua orang di antaranya perempuan.

Jumlah ini ditargetkan meningkat 20 persen kursi perempuan dengan adanya program-program ini. Dalam Muswil III Perempuan Bangsa terpilih Yuningsih menggantikan Imas Masitoh M Noor. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.