Dark/Light Mode

Warisan Ulama Dan Kuat Di Pedesaan, PPP Diyakini Lolos Parlemen

Sabtu, 27 Januari 2024 23:03 WIB
Politisi PPP yang juga Anggota DPR Nurhayati Effendi. Foto: Istimewa
Politisi PPP yang juga Anggota DPR Nurhayati Effendi. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diyakini lolos ke Senayan. Dalam hasil survei Puspoll Indonesia, partai berlambang Ka'bah ini sudah tembus 4,3 persen.

Masih bertahannya PPP karena finilai punya akar kuat di pedesaan. Selain itu, masih dipercaya oleh sebagai kalangan sebagai partai warisan ulama.

Politisi PPP yang kini jadi Anggota DPR Nurhayati Effendi juga mengamini, raihan survei positif PPP ini karena masih dipercaya umat. Hasil ini akan menjadi pelecut semangat dan evaluasi PPP.

"Alhamdulillah, selama ini kami terus bekerja untuk menaikkan elektabilitas partai. Ini juga salah satu bukti ikhtiar kader partai Ka'bah yang terus merawat kiai, ulama, dan mendengar dan menyalurkan aspirasi rakyat," kata Nurhayati, Sabtu (27/1/2024).

Baca juga : Bagi Pendatang Baru, Pintunya Terbuka Lebar

Nurhayati optimistis, PPP bakal lolos Parliamentary Threshold 4 persen. Bahkan akan melampauinya. Sebagai partai yang masih kuat basisnya di pedesaan dan kalangan tradisional, Nurhayati bakal memanfaatkan sisa waktu untuk terus turun ke kampung-kampung. "Hasil ini hadiah ulang tahun bagi PPP," tuturnya.

Diketahui, PPP baru saja menggelar perayaan Harlah ke-51 tahun. Perayaan puncak Harlah diselenggarakan di Makasar, Sulawesi Selatan.

"Yang paling penting, semua kader PPP semakin solid, menyatukan langkah untuk menjemput kemenangan di Pemilu 2024 mendatang," imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur Program Puspoll Indonesia Luqmanul Hakim menyebut, dalam hasil survei terbarunya, PPP menguat jelang Pemilu 2024 ini.

Baca juga : Ganjar Kembulan Sama Santri, Mahfud Cicipi Lodeh Lampung

Ini karena pemilih PPP di wilayah pedesaan dan santri meningkat. Elektabilitas PPP sudah melampaui ambang batas parlemen, 4,3 persen.

"Selain dinilai partai warisan ulama yang punya basis kuat di akar tradisional, Capres-cawapres Ganjar-Mahfud juga ikut mendongkrak suara PPP. Di kalangan desa dan santri. Hampir mayoritas pesantren menjadi basis suara PPP di Jawa Tenga, Barat, dan Timur," paparnya.

Luqman menambahkan, peningkatan PPP juga terjadi lantaran mesin partai dan para tokoh PPP mulai turun gunung. Seperti, Sandiaga Uno yang kerap hadir di berbagai acara PPP.

"Sandi ini menbawa suara anak muda seperti generasi z dan generasi milenial. Sekarang banyak juga caleg PPP dari kalangan muda," tuturnya.

Baca juga : Tempat Hiburan Diyakini Tetap Rame Pengunjung

Catatan khususnya, Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD yang punya kedekatan kultural dengan PPP, juga mampu membangkitkan semangat kader partai untuk sama-sama berjuang memenangkan Ganjar-Mahfud. Mahfud juga ikut menggerakan mesin partai di berbagai daerah.

"Semua gerak mesin dan relawan jangan kendor hingga 14 Februari," sarannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.