Dark/Light Mode

Dipimpin Airlangga, Golkar Dinilai Sangat Solid

Rabu, 21 Februari 2024 19:05 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar mendapat kenaikan dukungan pada Pemilihan Legislatif 2024. Berdasarkan hitung cepat atau quick count Pemilu 2024 yang dilakukan Litbang Kompas dengan data masuk 99,2 persen, Golkar memperoleh 14,59 persen dukungan suara.

Sementara itu, hasil penghitungan sebenarnya (real count) KPU dengan data masuk 51 persen, menunjukkan Golkar mendapatkan 16,64 persen suara.

Menanggapi hal ini, pengamat politik dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Kalimantan Timur, Budiman mengatakan, naiknya suara Golkar lantaran Airlangga Hartarto mampu membawa perubahan.

"Naiknya suara partai Golkar yang memperoleh 14,59 persen dukungan pada Pileg 2024, karena Golkar memiliki kader yang solid dan Ketua Umum Airlangga yang bisa membawa perubahan bagi Golkar saat ini," kata Budiman dalam keterangannya, Rabu (21/2/2024).

Baca juga : Harapan Menko Airlangga, Setelah OECD Resmi Buka Diskusi Aksesi Dengan Indonesia

Budiman menyebutkan, kepemimpinan Airlangga telah membangkitkan Golkar dari keterpurukan.

"Airlangga mampu menjadikan elektabilitas Golkar terus tinggi di Pemilu 2024 ini," ucapnya.

Selain itu, Budiman mengungkapkan, Airlangga mampu menempatkan kader-kader yang memiliki pengaruh seperti mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

"Begitu juga dengan kader muda lainnya yang membawa perubahan di tubuh Golkar," jelasnya.

Baca juga : Yuddy: Berkat Kepemimpinan Kuat Airlangga, Golkar Melesat Ke Posisi 2

Selanjutnya, Airlangga juga berhasil membawa Golkar sebagai partai yang disukai masyarakat.

Menurut Budiman, di bawah kepemimpinan Airlangga, Golkar terlihat sangat kompak dan solid dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Hal ini tentunya menjadikan Golkar lebih baik lagi citranya di masyarakat," ucap dia.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Golkar, Maman Abdurrahman mengakui kepiawaian Airlangga yang mampu merancang strategi pemenangan secara matang.

Baca juga : Gibran dan Selvi Gunakan Hak Pilih di TPS 34 Manahan Solo

"Berkat kebersamaan dan kesolidan seluruh pemangku kepentingan partai dari tingkat kabupaten, provinsi, sampai pusat serta ormas pendiri dan yang didirikan di bawah tangan dingin Ketua Umum kami, Pak Airlangga, kami sudah mencapai target kursi di atas 100 kursi, sambil menunggu proses penghitungan resmi dari KPU," pungkas Maman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.