Dark/Light Mode

Yuddy: Berkat Kepemimpinan Kuat Airlangga, Golkar Melesat Ke Posisi 2

Jumat, 16 Februari 2024 20:16 WIB
Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Prof. Yuddy Chrisnandi bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Istimewa
Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Prof. Yuddy Chrisnandi bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Penghitungan cepat atau quick count yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei menunjukkan Partai Golkar ada pada posisi kedua dengan angka pada kisaran 13-16 persen di bawah PDI Perjuangan dan di atas Partai Gerindra.

Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Prof. Yuddy Chrisnandi menilai, hasil positif Golkar berkat kepemimpinan kuat dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Airlangga menunjukkan komitmen yang kuat untuk memenangkan Beringin dan Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo-Gibran," kata Yuddy dalam keterangannya, Jumat (16/2/2024).

Baca juga : Berkat Kegigihan Kader, PPP Yakin Lolos Ke Senayan

Dikatakan, kepemimpinan Airlangga yang efektif dan keputusannya memilih penempatan fungsionaris pusat sebagai Caleg di berbagai wilayah, membuahkan kemenangan Partai Golkar sebagai pemenang Pemilu 2024 pada peringkat kedua setelah PDI Perjuangan.

Kata Yuddy Chrisnandi, Airlangga sudah berhasil membawa perahu besar Partai Golkar dalam kancah pencaturan politik nasional.

"Airlangga Hartarto berhasil mengembalikan kesuksesan Golkar yang pernah dicapai pada Pemilu 2004, saat Ketumnya Akbar Tanjung," tegas Yuddy.

Baca juga : Bertemu Pimpinan Gereja Silangit, Ganjar-Mahfud Didoakan Menang Pilpres

Dalam beberapa catatan sejarah Pemilu di Indonesia, Partai Golkar terus mengalami penurunan, seperti perolehan suara Partai Golkar pada Pemilu 2009 di bawah Ketua Umum Jusuf Kalla (2004–2009), Golkar berada di peringkat 2 dengan 14,45 persen. Mereka kalah oleh Partai Demokrat yang memenangkan Pemilu lewat hasil 20,81 persen.

Lima tahun berselang atau pada masa Ketua Umum Aburizal Bakrie (2014–2016), Partai Golkar kembali finish di nomor 2 dengan raihan suara 14,75 persen pada Pemilu 2014.

Berdasarkan berbagai sumber dari hasil quick count Pemilu 2024, Litbang Kompas merilis, Partai Golkar memperoleh 14,66 persen, Politika Research & Consulting (PRC) 15,41 persen, Poltracking 16,49 persen, LSI Denny JA 14,93 persen, Charta Politica 13,65 persen, Lembaga Survei Indonesia (LSI) 14,54 persen, Indikator Politik Indonesia 16,77 persen, Voxpol Center Research and Consulting 14,86 persen.

Baca juga : Kepemimpinan Pancasila: Menuju Pemerintahan Bebas Korupsi

Sementara itu, hasil real count versi KPU, Partai Golkar berada di posisi kedua dengan memperoleh 14,11 persen versi 16 Februari 2024 Pukul 13.33 WIB. Diketahui, KPU mencatat pada 2019, partai yang besar sejak era Orde Baru ini hanya menggenggam suara 12,51 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.