Dark/Light Mode

Pesan Megawati Di Harla 1 Juni : Jangan Berhenti Bumikan Pancasila

Sabtu, 1 Juni 2024 10:01 WIB
Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Dr (H.C.) Megawati Soekarnoputri bersama masyarakat Ende usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (1/6).
Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Dr (H.C.) Megawati Soekarnoputri bersama masyarakat Ende usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (1/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Dr (H.C.) Megawati Soekarnoputri mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus menggelorakan semangat Pancasila dalam setiap sendi-sendi kehidupan.

Hal itu disampaikan Presiden Kelima RI, Megawati melalui amanatnya yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), dikutip Sabtu (1/6). 

Dalam pidatonya, Hasto mengatakan, Megawati meyakini bahwa Pancasila tidak akan pernah kehilangan relevansinya di dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa dan negara. Para pemuda Indonesia mendapatkan perhatian khusus dari Megawati.

Baca juga : Carut Marut PPDB Jangan Terjadi Lagi

“Pancasila tetap menjadi landasan kokoh dan visi Indonesia bagi dunia. Karena itulah pesan saya dari bumi Ende ini, jangan pernah berhenti membumikan Pancasila,” kata Megawati.

Megawati pun mengingatkan, bahwa jalan Trisakti sudah disediakan oleh Presiden Pertama RI, Ir Soekarno, agar Indonesia bisa berdaulat di bidang politik, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. 

“Bangunlah rasa percaya diri sebagai bangsa pelopor, bukan bangsa yang mudah silau oleh kemajuan bangsa lain,” tegasnya.

Baca juga : Percepat Merauke Jadi Lumbung Pangan, Mentan Maksimalkan Penggunaan Teknologi

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan ini juga memberi pesan kepada seluruh pemuda Indonesia, untuk terus berjuang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memperkuat riset dan inovasi. 

Tak hanya itu, Megawati meminta para pemuda Indonesia terus memperhebat energi gotong royong. Sebab, Alam Indonesia sangat indah. 

“Darat dan laut menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Sedangkan ruang udaranya, menjadi nafas bagi kehidupan umat manusia karena hutan-hutannya yang harus kita jaga kelestariannya. Gunakan seluruh alam Indonesia yang begitu kaya untuk kemajuan bangsamu. Jayalah Indonesiaku, Indonesia Raya yang sebenar-benarnya, dan Indonesia yang ber-Pancasila,” tutup Megawati.

Baca juga : Mentan Ingatkan Distributor dan Pengecer Pupuk: Jangan Persulit Urusan Pangan

Dalam upacara itu, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md terlihat hadir di lokasi. Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Kehormatan, Komarudin Watubun dan Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Andreas Pareira serta jajaran PDI Perjuangan ikut hadir.

 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.