Dark/Light Mode

Diserang Prabowo

Jokowi Anteng, BUMN Melawan

Rabu, 16 Januari 2019 06:54 WIB
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, saat menyampaikan Pidato Kebangsaan di JCC Senayan, Jakarta, Senin (14/1). (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, saat menyampaikan Pidato Kebangsaan di JCC Senayan, Jakarta, Senin (14/1). (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Isi pidato Prabowo Subianto rame-rame dibantah. Namun, Presiden Jokowi masih anteng, tak kasih komentar sedikit pun. Padahal, berbagai serangan Prabowo itu betul-betul menohok.

Dalam pidato di JCC Senayan Jakarta, Senin (14/1), Prabowo menyinggung kondisi keuangan 4 BUMN: Garuda, PLN, Krakatau Steel dan Pertamina. Dia menyebut sejumlah BUMN di ambang kebangkrutan.

Benarkah isi pidato Prabowo itu? Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi, Ahmad Erani Yustika membantah pemerintahan Jokowi bikin BUMN bangkrut. Ia kemudian membagikan data kinerja BUMN dan laporan keuangan 4 BUMN yang disinggung Prabowo.

Dia menyebut, kinerja BUMN kian positif. Bahkan, aset BUMN melonjak dari Rp 4,57 triliun menjadi Rp 7,81 triliun pada 2018. Labanya juga melonjak. Dari Rp 148 triliun menjadi Rp 218 triliun di 2018.

Erani juga merinci laporan perusahaan empat BUMN itu. Kata dia, Garuda, PLN, Krakatau Steel dan Pertamina, baik-baik saja. Bantahan serupa disampaikan para menteri. Menteri BUMN Rini Soemarno sampai malas menjawab, saat dikonfirmasi ocehan Prabowo. Soalnya, Rini menyatakan sudah memberikan jawaban untuk pertanyaan yang sama, Senin  (14/1) lalu di Istana.

Kala itu, Rini membantah semua tuduhan Prabowo. Dia bilang, apa dasarnya menyebut BUMN bangkrut. Ia harap Prabowo tak asal bicara. Tapi pakai data kuat. Memang, kata Rini, Garuda masih dilanda kerugian. Tapi tak segawat yang disampaikan Prabowo.

Baca juga : Jokowi Senyum, Agnes Senang

Rini juga menyebut pemerintah tengah menyelesaikannya dengan melakukan negosiasi ulang atas kontrak-kontrak yang lama. "InsyaAllah semua lancar. Saya yakin kita bisa perbaiki semua," kata Rini.

Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan juga membantah. Luhut bilang, meski ada yang harus diperbaiki dan masih belum efisien, secara keseluruhan BUMN dalam keadaan baik-baik saja. "(malah) Naik (labanya) saya kira. Nggak ada sampai istilah begitu (bangkrut)," kata Luhut.

Menko Darmin Nasution nyerang Prabowo. Menurut dia, menyebut BUMN di ambang kebangkrutan adalah kesimpulan yang terlalu ceroboh. Para bos BUMN juga bergantian memberikan klarifikasi.

Dirut Garuda I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra menolak perusahaan yang dipimpinnya disebut bangkrut. "Kalau dibilang bangkrut, mungkin saya sudah tidak di sini," kata Ari Ashkara, sapaan akrabnya.

Menurut Ari, saat ini Garuda sebagai satu-satunya BUMN di bidang angkutan penerbangan, terbuka menyampaikan laporan keuangan. Karena itu, publik bisa menilai sendiri kinerja Garuda dari waktu ke waktu.

Dalam laporan keuangan per Oktober 2018, Garuda masih mencatat rugi bersih hingga 110,2 juta dolar AS. Kerugian ini menurun hingga 50 persen  ketimbang rugi periode yang sama di tahun sebelumnya, yang mencatat angka  2017, 221 juta dolar AS. Meski rugi, Garuda masih mencatat pertumbuhan pendapatan hingga 209,3 juta atau tumbuh 4 persen dibanding periode 2017.

Baca juga : Di HUT PDIP, Jokowi Sopirnya, Mega Penumpang

PLN juga menyebut, kondisi arus kas perusahaan saat ini terjaga sehat. Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto mengatakan, secara operasional, perusahaan mengalami laba sebelum selisih kurs pada kuartal III 2018 sebesar Rp 9,6 triliun. "Kenaikan laba tersebut ditopang kenaikan penjualan dan efisiensi yang dilakukan perusahaan, serta adanya kebijakan pemerintah DMO harga batu bara," kata Sarwono, Selasa (15/1).

Pertamina juga menegaskan, kondisi perusahaan baik-baik saja dan terus mencatat kinerja positif. Media Communications Manager Pertamina Arya Dwi Paramita, membeberkan sejumlah kinerja positif perusahaan sepanjang 2018, yang menunjukkan kondisi perusahaan baik-baik saja.

"Pertamina telah mendapatkan sejumlah hak pengelolaan blok migas seperti Mahakam, Rokan, dan blok terminasi lain yang sebelumnya dikelola asing," tulis Arya dalam rilis, Selasa (15/1).

Krakatau Steel juga menuturkan, perusahaan saat ini dalam kondisi baik. Berdasarkan Laporan Keuangan Krakatau Steel triwulan III-2018, tercatat perseroan memang masih merugi 36,7 juta dolar AS. Namun, kerugian itu sudah turun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya  yang mencapai 78,6 juta dolar AS.

Dirut Krakatau Steel Silmy Karim menjelaskan, perusahaannya akan menjalankan dua proyek strategis tahun ini. Dia berharap, proyek tersebut mampu meningkatkan daya saing perusahaan.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek ikut menanggapi isi pidato Prabowo, yang menyebut gaji dokter lebih kecil dari juru parkir. Nila membeberkan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, gaji untuk dokter Program Nusantara Sehat saja bisa mencapai Rp11,2 juta per bulan. 

Baca juga : Prabowo Mengejar, Jokowi Tak Terkejar

"Gaji saya dokter, tapi lebih besar kok dari juru parkir. Sekarang, tukang parkir berapa sih? Selain dapat gaji, dokter kan bisa praktek. Bisa di tiga tempat lagi. Wah, banyak kolega saya yang gajinya besar. Kalau lihat dari pajaknya, gede-gede," kata Nila, Selasa (15/1).

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati kasih penjelasan soal krisis air yang disampaikan Prabowo. Kata dia, apa yang dituduhkan Prabowo, tidak terjadi merata di wilayah Sragen. Melainkan hanya terjadi di beberapa kecamatan. Krisis air memang rutin terjadi setiap tahunnya di wilayah Sragen. Terutama di Kecamatan Tangen, Djenar, Gesi, Mondokan, Sukodono, Sumberlawang, dan Kecamatan Miri.

"Karakteristik wilayah Sragen di Utara Bengawan Solo merupakan deretan pegunungan Kendeng. Sehingga, jenis tanahnya adalah kapur. Di sana, tidak ada sumber air baku,” ungkap Yuni. Namun, semua sudah diatasi dengan mengambil air di waduk terdekat. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.