Dark/Light Mode

Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis, Resmi Jadi Kandidat Cawagub DKI

Senin, 20 Januari 2020 17:38 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat mengumumkan dua nama Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta. (Foto: Instagram)
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat mengumumkan dua nama Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta yang kosong sejak 10 Agustus 2018, tampaknya akan segera terisi.

Hari ini, Partai Gerindra telah mengumumkan dua calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, sebagai pengganti Sandiaga Uno, yang mundur setelah mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Presiden di Pemilu 2019.

Kedua nama tersebut telah mendapat persetujuan dari partai koalisi, PKS.

Baca juga : Perkosa Ratusan Pria Di Inggris, Reynhard Jadi Sorotan Media Asing

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkap, dua nama yang mengerucut ini berasal dari empat nama bakal cawagub yang diusulkan Partai Gerindra, dan dua nama yang diusulkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Finalnya, tersaring satu nama dari masing-masing partai. Dua nama tersebut adalah Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Ahmad Riza Patria, dan Politikus PKS Nurmansjah Lubis.

"Surat ini telah menyetujui dan mengusulkan dua nama, untuk dijadikan calon wakil gubernur DKI, yaitu Nurmansjah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Gerindra," kata Sufmi di Jakarta, Senin (20/1).

Baca juga : Albertina Ho, Artidjo, dan Ruki Masuk Kandidat Dewas KPK

Surat yang telah ditandatangani oleh Gerindra dan PKS itu, sekaligus mencabut surat keputusan terdahulu, yang mengajukan Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto sebagai Cawagub DKI.

"Surat yang sudah disetujui bersama ini, telah ditandatangani oleh kedua belah pihak dari unsur pimpinan partai PKS dan Gerindra. Pada hari ini, resmi saya serahkan kepada DPD Gerindra DKI Jakarta, dan Fraksi Gerindra DKI Jakarta," jelas Sufmi.

Dari pihak Gerindra, surat tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, Ketua DPD Partai Gerindra Mohammad Taufik, dan Sekretaris DPD Partai Gerindra Husni Thamrin.

Baca juga : Hasil Rapimnas Hanura, OSO Diminta Jadi Ketum Lagi

Sedangkan dari pihak Gerindra, surat diteken oleh Presiden PKS Sohibul Iman, Sekretaris Jenderal PKS Mustafa Kamal, Ketua DPW PKS Sakhir Purnomo, dan Sekretaris Umum DPW PKS Agung Yulianto.

Sekadar latar, sebelumnya, PKS mengajukan dua nama dalam bursa Cawagub DKI Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Sedangkan Gerindra mengusulkan empat nama kandidat. Yakni Sekda DKI Jakarta Saefullah, Dewan Penasihat DPP Gerindra Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry J Yuliantoro, dan Ketua DPP Partai Gerindra Riza Patria. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.