Dark/Light Mode

Albertina Ho, Artidjo, dan Ruki Masuk Kandidat Dewas KPK

Rabu, 18 Desember 2019 14:30 WIB
Dari kiri: Albertina Ho, Artidjo Alkostar, dan Taufiequrachman Ruki (Foto: Istimewa)
Dari kiri: Albertina Ho, Artidjo Alkostar, dan Taufiequrachman Ruki (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama-nama calon anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kini sedang digodok. Nama-nama itu berasal dari berbagai latar belakang. Ada dari bidang hukum, ekonom, dan akademisi. Dari bidang hukum, ada mantan hakim, mantan pimpinan KPK, dan ahli pidana. Di antaranya, mantan Hakim Agung Mahkamah Agung Artidjo Alkostar, Hakim Albertina Ho, dan mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki.

Hal ini diungkap Jokowi dalam acara diskusi dengan wartawan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12). 

"Ada hakim Albertina Ho, itu tapi belum diputuskan lho ya, Pak Artidjo, saya ingat tapi lupa, dan belum diputuskan," tutur Jokowi. "Ada Pak Ruki juga," imbuhnya.

Baca juga : Ada Ledakan di Monas, Diduga Berasal Dari HP

Artidjo Alkostar yang merupakan mantan Ketua Kamar Pidana MA dikenal sebagai "algojo koruptor".  Putusannya kerap memperberat vonis terdakwa kasus korupsi. Dia sudah pensiun pada Maret 2018.

Sementara Albertina Ho, dikenal sebagai Ketua Majelis Hakim yang menyidangkan kasus suap mafia pajak Gayus Tambunan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ia dikenal tegas saat menyidangkan perkara. Saat ini, Albertina Ho menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang.

Sedangkan Taufiequrachman Ruki adalah Ketua KPK periode 2003-2007 dan Pelaksana Tugas ketua KPK 2015. Ruki merupakan lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) 1971. 

Baca juga : Atlet Merah Putih Targetkan Masuk 4 Besar di SEA Games 2019

Presiden memastikan, orang-orang yang terpilih sebagai Dewan Pengawas adalah orang-orang yang baik. "Saya kira itu namanya ya. Nanti ditunggu sehari saja kok. Yang jelas, nama-namanya nama yang baik lah. Saya memastikan nama yang baik," tegas Jokowi.

Mengenai calon dari jaksa dan ekonom, Jokowi belum mau menyebutkan nama-nama mereka. "Jaksa siapa ya, ada jaksa yang tidak aktif lagi (pensiun) kelihatannya, kalau ekonom masuk biar seimbang," tambah Presiden.

Jokowi mengaku masih akan terus menyaring usulan nama-nama tersebut sampai Kamis (19/12). "Jumat (20/12) dilantik, Kamis kan sudah tahuni terus disaring," tandasnya. OKT

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.