Dark/Light Mode

Asal Dapat Restu Dan Arahan Prabowo

Sandi Siap Maju Caketum di Kongres Partai Gerindra

Minggu, 8 Maret 2020 09:33 WIB
Sandiaga Uno (Foto: Istimewa)
Sandiaga Uno (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gerindra akan menggelar kongres tahun ini. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno mau saja maju sebagai kandidat ketua umum menggantikan Prabowo Subianto. Asalkan, dirinya mendapatkan restu dari eks Danjen Kopassus itu.

“Di Gerindra ini sangat jelas bahwa kita mengikuti arah kebijakan yang diterapkan Pak Prabowo. Jadi semua keputusannya ada di Pak Prabowo, baik itu kongres rekapan maupun mekanisme seperti apa,” kata Sandi di kawasan Senayan, Jakarta, kemarin. 

Seperti diketahui, peluang Sandi menjadi calon ketua umum Gerindra terbuka lebar. Pasalnya, Sandi selain pejabat elite di Gerindra, Prabowo posisinya saat ini menjabat Menteri Pertahanan. 

Baca juga : Pastikan Akan Hadir, Menkop UKM Dukung Kongres Askopindo

Nah, jika Prabowo memilih fokus mengabdi sebagai menteri, dan mempersilakan Sandi untuk maju, besar kemungkinan Sandi akan terpilih di kongres. 

“Pak Prabowo tentunya sibuk sebagai Menteri Pertahanan, kita tunggu keputusan beliau. Saya nggak mau berandai-andai, saya fokus menjalankan tugas beliau untuk terus berada di tengahtengah masyarakat,” katanya. 

Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mengakui adanya dukungan dari sejumlah kader Gerindra di tingkat DPD dan DPC Gerindra. “Ya dinamika itu ada tapi tentunya kita kembalikan pesan ke Pak Prabowo. Itu yang menjadi keputusan final dari Pak Prabowo,” pungkasnya. 

Baca juga : Prabowo Kapan Mau Ke Amerika?

Sebelumnya, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mengamini partainya segera menggelar kongres. Dalam waktu dekat, DPP akan menggelar rapat dengan DPD untuk memutuskan pelaksanaan kongres. “Ya tahun ini. Waktu dan tempat akan kami rapatkan dengan pimpinan-pimpinan daerah. Akan kami lakukan rapimnas untuk memutuskan pelaksanaan kongres,” tutur Muzani di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (25/2). 

Muzani tidak menampik di kongres nanti ada agenda pemilihan ketua umum. Namun, hingga saat ini belum ada kandidat pengganti Prabowo. Menurutnya, Prabowo masih akan menjabat Ketua Umum 

“Nggak ada calon lain. Insya Allah hanya Pak Prabowo yang akan maju. Saya kira kalau itu kami (kompak). Tidak ada beda pendapat,” tegas Muzani. 

Baca juga : Sandi Siap Jadi Jurkam Calon Gerindra

Kongres Gerindra belum dipastikan tanggalnya. Namun, rencananya digelar Maret 2020. Beragam agenda lima tahunan partai akan dirumuskan, termasuk memilih ketua umum dan pengurus DPP. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.