Dark/Light Mode

Keluar RS, Bernie Sanders Siap Lanjutkan Pertarungan

Sabtu, 5 Oktober 2019 07:40 WIB
Senator Bernie Sanders, mengepalkan tangan saat hendak meninggalkan Desert Springs Hospital Medical Center, Jumat (4/10). (Foto: Twitter @BernieSanders)
Senator Bernie Sanders, mengepalkan tangan saat hendak meninggalkan Desert Springs Hospital Medical Center, Jumat (4/10). (Foto: Twitter @BernieSanders)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal Capres AS dari Partai Demokrat, Bernie Sanders akhirnya meninggalkan rumah sakit pada Jumat (4/10) petang waktu setempat, usai menjalani perawatan akibat sakit jantung yang dideritanya pada Selasa (1/10).

Sanders pun siap melanjutkan pertarungan menuju kursi Presiden di Pemilu AS 2020.

"Saya sangat berterima kasih kepada dokter, perawat, dan para staf Desert Springs Hospital Medical Center atas pelayanan mereka yang sangat baik. Setelah 2,5 hari dirawat di rumah sakit, saya merasa sangat sehat. Setelah jeda sebentar, saya siap melanjutkan kerja," ujar Sanders melalui akun Twitter pribadinya, @BernieSanders, Sabtu (5/10).

Baca juga : Sinergi 6 BUMN Bangun Balkondes Golaga Purbalingga

Kronologis dirawatnya Sanders bermula, saat ia merasakan dadanya tak nyaman ketika sedang berkampanye di Las Vegas, Selasa (1/10). Usut punya usut, ternyata, Sanders mengalami penyumbatan di satu arteri. Dua stent pun dipasang.

Terkait hal ini, tim dokter yang merawat Sanders: Arturo E Marchand Jr dan Arun Guraraj dalam rilisnya mengatakan, senator berusia 78 tahun itu terdiagnosis myocardial infarction di layanan kesehatan lain, sebelum dipindahkan ke Desert Springs Hospital Medical Center.

Myocardial infarction adalah istilah medis untuk penyakit jantung.

Baca juga : Garuda Indonesia Dan Sriwijaya Lanjutkan Kerja Sama

"Selama dirawat, Sanders menunjukkan kemajuan yang baik," kata tim dokter, seperti dikutip USA Today, Sabtu (5/10).

Akibat penyakitnya ini, Sanders membatalkan sejumlah acara kampanye yang telah direncanakan. Termasuk, pembelian iklan televisi yang direncanakan di Iowa.

Sanders, yang juga turut meramaikan Pemilu AS 2016, telah mengokohkan diri di antara tiga pesaing Demokrat.

Baca juga : Ketua DPR: Instabilitas Polkam Hanya Untungkan Petualang Politik

Menurut hasil polling nasional yang dirilis Real Clear Politics, saat ini Sanders berada di urutan ketiga para penantang dari Partai Demokrat, setelah Joe Bidden dan Elizabeth Warren. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.