Dark/Light Mode

Petakan Masalah dan Cari Solusi

Sandi Siap Jadi Jurkam Calon Gerindra

Jumat, 15 November 2019 09:39 WIB
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno (kanan) dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: IG@prabowo)
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno (kanan) dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: IG@prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno siap menjadi juru kampanye (jurkam) di Pilkada serentak 2020.

Sandi akan membantu para calon usungan partainya untuk memetakan masalah daerah termasuk mencarikan solusinya. “(Dalam kampanye Pilkada 2020) akan terus bergerak di tengah-tengah masyarakat. Dengar aspirasi masyarakat dan sam paikan solusi-solusi atas per masalahan mereka hadapi,” ujar mantan Cawapres ini di Hotel Grand Dafam Rohan Yog yakarta, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kemarin.

Sandi menyebutkan, sejumlah permasalahan daerah paling umum ditemui adalah masih tingginya harga bahan pokok, naiknya iuran BPJS, dan minimnya lapangan kerja untuk masyarakat. Permasalahan itu harus dicarikan solusinya.

Baca juga : Tarung Lawan Malaysia, Timnas Indonesia Siapkan 23 Pemain

“Saat ini mencari kerja susah, dan kita akan bantu gerakkan ekonomi kerakyatan yang dipelopori UMKM agar bisa membuka lapangan kerja. Karena 97 persen lapangan kerja ada di UMKM. Jadi, saya akan fokus ke situ,” katanya.

Bertugas memetakan masalah daerah termasuk mencarikan solusi, Sandi, menyerahkan tugas kepada para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah usungan saat berkampanye. Para calon harus mampu meyakinkan, mereka bisa membawa daerah ke arah lebih baik.

“Karena ujung-ujungnya yang akan terpilih (kepala daerah) harus mampu meyakinkan masyarakat bahwa mereka bisa membawa daerahnya lebih baik ke depan,” ujarnya.

Baca juga : Soal Masalah BPJS, Menko PMK Janji Carikan Solusi TerbaikĀ 

Terkait pilkada di DIY, Sandi mengaku, belum ada pembahasan strategi khusus saat jadi jurkam nanti. Dia telah bertemu Sekretaris DPD Partai Gerindra DIY Dharma Setiawan terkait proses kampanye pilkada di DIY.

“Saya tidak ingin ikut dalam konstelasi politiknya. Tapi begitu sudah terpilih, sudah diumumkan sebagai calon (kepala daerah dan wakil kepala daerah), itu nanti akan kita berikan strateginya, dan kita mulai turun di ma syarakat,” ujarnya.

Diketahui, ada tiga daerah di DIY akan menggelar Pilkada 2020. Daerah itu adalah Kabupaten Bantul, Sleman dan Gunung Kidul.

Baca juga : Pernah Dipidana, Antasari Tak Bisa Jadi Dewan Pengawas KPK

Sekretaris DPD Gerindra DIY Dharma Setiawan mengakui, sudah ada komunikasi awal dengan Sandi perihal Pilkada DIY. Dalam komunikasi itu, dia dan Sandiaga akan jadi jurkam bersama.

“Saya jadi juru kampanye untuk tiga kabupaten bersama Mas Sandi. Dia (Sandiaga) akan turun di tiga kabupaten untuk menjadi juru kampanye,” ucapnya. Dharma sudah meminta waktu khusus kepada Sandi untuk jadi jurkan. Sehingga, proses penjadwalan jurkam diharapakan tidak akan terganggu.

“Saya sudah langsung booking waktunya karena Mas Sandi sudah siap jadi jurkam bagi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di tiga kabupaten dari Gerindra,” tandasnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.