Dark/Light Mode

Sekjen PAN: Jangan Biarkan Korban PHK Cari Solusi Sendiri

Jumat, 1 Mei 2020 20:28 WIB
Eddy Soeparno
Eddy Soeparno

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menyoroti efek wabah virus corona di sektor ekonomi.

Menurutnya, pemerintah harus memberikan perhatian khusus, terutama kepada korban pemutusan hubungan kerja (PHK) yang tidak bisa berbuat apa-apa karena adanya larangan mudik.

“Di sini kehadiran negara dibutuhkan,” ujar Eddy yang disampaikan saat diskusi online DPP PAN bertajuk "Korban PHK Dilarang Mudik Bagaimana Solusinya", Jumat (1/5).

Baca juga : Kemenperin Kebut Produksi Ventilator

Eddy menegaskan, peran negara sedang dibutuhkan para korban PHK yang tidak bisa mudik. Jangan sampai mereka justru mencari solusi ekonomi sendiri-sendiri.

Sementara, anggota Komisi IX DPR Fraksi PAN Intan Fauzi berpendapat, peran pemerintah bisa dihadirkan melalui bantuan langsung tunai dan keringanan kredit. Jika masalah ini teratasi, tentunya dapat meringankan para korban PHK terdampak wabah virus corona.

“Kita butuh Social Safety Net yang benar-benar tepat sasaran. Nah untuk korban PHK bagaimana? PAN mendorong agar mereka diberikan stimulus uang tunai dan keringanan kredit," ujar Intan.

Baca juga : Kekeringan Diramal Terjadi Juni, `Kantong Kering` Dari Kemarin

Dia menegaskan, dengan menggelontorkan stimulus berupa uang tunai, maka ekonomi masyarakat bisa bertahan. Pun daya beli juga akan naik sehingga mampu mendorong ekonomi bergerak dan tumbuh.

“Jumlah 600 ribu misalnya tentu jauh di bawah UMR dan nggak akan mencukupi. Jumlah yang signifikan dan keringanan kredit akan sangat membantu bagi korban PHK," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melarang masyarakat mudik demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Menilik data Kementerian Ketenagakerjaan yang dirilis 13 Aprli lalu, tercatat ada 2,8 juta pekerja formal dan informal yang dirumahkan dan di-PHK. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.