Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringati Bulan Bung Karno di Tengah Covid-19, PDIP Gelorakan Semangat Berdiri di Atas Kaki Sendiri

Rabu, 27 Mei 2020 15:51 WIB
Hasto Kristiyanto (Foto: Dok. PDIP)
Hasto Kristiyanto (Foto: Dok. PDIP)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP sedang mempersiapkan peringatan Bulan Bung Karno, yang akan dilaksanakan pada Juni nanti. Dalam peringatan ini, PDIP ingin menggelorakan semangat berdikari alias berdiri di atas kaki sendiri.  

PDI Perjuangan mengucapkan syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, sehingga peringatan Bulan Bung Karno telah dilakukan sejak 2010, dan akan berlangsung terus, guna melanjutkan ide, gagasan, pemikiran, cita-cita, dan perjuangan Bung Karno, Proklamator, dan Bapak Bangsa Indonesia. Juni menjadi bulan Bung Karno karena ada kelahiran Pancasila pada 1 Juni, kemudian 6 Juni 1901 Bung Karno lahir, dan pada 21 Juni 1970 Bung Karno berpulang,” ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dalam konferensi pers virtual, Rabu (27/5).

Hasto menerangkan, seluruh kegiatan Bulan Bung Karno tahun 2020 yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 akan dilakukan secara daring. Yaitu elalui teleconference, webinar, dan utilisasi seluruh sosial media. Tema yang diangkat adalah “Bung Karno Bapak Bangsa Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi Covid-19”. 

Baca juga : Ini Program Relaksasi Kredit Bagi Nasabah Bank UOB Indonesia

“Tema ini mengangkat benang merah sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang di dalam setiap momentum penting, selalu hadir sosok Bung Karno. Dimulai dengan menjadi anggota aktif Trikoro Darmo, yang kemudian menjadi Jong Java; pendirian Perserikatan Nasional Indonesia yang kemudian berubah nama menjadi Partai Nasional Indonesia pada tanggal 4 Juli 1927; pembentukan Permufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia, yang mencerminkan kuatnya semangat persatuan dan kesatuan para tokoh kemerdekaan; sehingga di perhimpunan tersebut bergabunglah PNI, Partai Islam, Budi Utomo, Pasundan, Sarekat Sumatera, Perserikatan Selebes, kaum Betawi, dan lain-lain,” jelas Hasto.

Demikian halnya kepeloporan Bung Karno yang melahirkan seluruh konsepsi tentang dasar dan tujuan bernegara, pandangan hidup dan jiwa bangsa Indonesia yakni Pancasila yang jika diperas menjadi satu, adalah gotong royong. Puncaknya adalah pada Proklamasi 17 Agustus 1945, ketika Bung Karno sebelum membacakan teks Proklamasi dengan tegas menyatakan bahwa kemerdekaan Indonesia tersebut sebagai momentum bagi bangsa dan seluruh Tanah Air Indonesia untuk berani meletakkan nasib bangsa dan negara di tangan kita sendiri. Sebab, hanya bangsa yang berani meletakkan nasib di tangan kita sendiri akan menjadi bangsa yang berdiri dengan kuatnya.

“Peringatan Bulan Bung Karno di tengah Covid-19 ditujukan untuk menggelorakan semangat berdiri di atas kaki sendiri. Dari pandemi ini bangsa Indonesia diingatkan bagaimana setidaknya Indonesia harus berdikari sekurang-kurangnya di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertahanan, dan keamanan,” ucap Hasto.

Baca juga : Bantu Atasi Covid-19, Relawan Buruh For Jokowi Salurkan Sembako Untuk Buruh di Bogor

Kegiatan bulan Bung Karno akan diawali dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 1945. Mengingat Hari Lahirnya Pancasila diperingati secara nasional dan diliburkan, maka PDIP menyatukan diri dengan Pemerintah, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), dan seluruh masyarakat Indonesia. Tema peringatan hari lahirnya Pancasila adalah “Pancasila Dalam Tindakan, Gotong Royong Indonesia Maju”. “Dengan tema ini, maka politik dalam perbuatan nyata untuk seluruh rakyat, bangsa dan negara Indonesia menjadi ciri dan tolok ukur utama tanggung jawab setiap partai politik di tengah pandemi Covid-19 ini,” tutur Hasto.

Dalam peringatan Bulan Bung Karno ini, tambah Hasto, PDIP membuka ruang inovasi dan kreativitas yang seluas-luasnya bagi para pemuda Indonesia guna mengekspresikan seluruh ide, gagasan, pemikiran, cita-cita dan perjuangan Bung Karno tersebut dengan menjawab berbagai tantangan dan persoalan bangsa agar dengan penuh keyakinan menempuh jalan kemajuan di seluruh aspek kehidupan. 

“Kegiatan selama Bulan Bung Karno mencakup lomba pidato, lomba cipta lagu, lomba pembuatan video, Gelar Museum Bung Karno secara virtual, bakti sosial, dan juga berbagai bentuk kegiatan kebudayaan. Kegiatan sejenis juga dilakukan seluruh pengurus dan kader partai di daerah dengan mengedepankan muatan lokal,” tutup Hasto. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.