Dark/Light Mode

Komitmen Jaga Indonesia Sebagai Negara Pancasila

Hasto: PDIP Anti Komunisme dan Sekularisme

Minggu, 5 Juli 2020 16:48 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Istimewa)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dengan ideologi yang menjadi pemersatu tersebut, Pancasila jelas terbukti efektif menjadi dasar dan tujuan kehidupan berbangsa.

"Melalui Pancasila pula, kita tegaskan bahwa Indonesia bukan negara sekuler, bukan negara komunis, bukan negara teokrasi, bukan liberal, dan bukan fasisme. Indonesia adalah negara Pancasila, suatu konsepsi negara kebangsaan yang berdiri di atas paham individu atau golongan," tegas Hasto.

Baca juga : Kemenko Maritim dan Energi Berharap Indonesia Bisa Gali Potensi Ekonomi dari TSS

"Pancasila berbeda dengan paham ekstrimisme radikal. Berbagai bentuk bom bunuh diri sebagaimana terjadi di Kota Surabaya pada tahun 2018, adalah contoh paham yang buta terhadap nilai ketuhanan dan kemanusiaan," lanjutnya.

Ia pun mengimbau seluruh bangsa Indonesia, agar bersatu teguh dalam Pancasila. Di tengah ancaman isme (paham) yang tak sesuai dengan jalan hidup bangsa Indonesia.

Baca juga : Wamenkeu Pastikan Indonesia Bukan Negara Yang Doyan Ngutang Lho

"Saatnya kedepankan semangat persaudaraan sebagai satu bangsa yang bertanah air satu, Indonesia," pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.