Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

AHY: Partai Demokrat Siap Bersinergi dengan MUI

Selasa, 14 Juli 2020 21:45 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) saat bersilaturahmi ke Kantor MUI, di Jalan Proklamasi 51, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa siang (14/7). (Foto: Dok. PD)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) saat bersilaturahmi ke Kantor MUI, di Jalan Proklamasi 51, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa siang (14/7). (Foto: Dok. PD)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersilaturahmi ke pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), di Kantor Pusat MUI, Jalan Proklamasi 51, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa siang (14/7). Karena jarak yang cukup dekat, hanya beberapa blok saja, AHY memilih berjalan kaki dari DPP Partai Demokrat ke Kantor MUI.

"Maksud dan tujuan kedatangan saya dan jajaran Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat adalah untuk membangun tali silaturahim yang lebih baik lagi antara Partai Demokrat dengan MUI. Sudah lama sebetulnya kami rencanakan, apalagi kantor kami ini dekat sekali, kita bertetangga. Namun, karena dinamika situasi negara saat ini di tengah-tengah pandemi Covid-19, baru kali ini bisa kami wujudkan," ujar AHY mengenai silaturahmi itu, seperti keterangan yang diterima redaksi, Selasa (14/7).

Baca juga : Demokrat Tidak dalam Posisi Meminta-minta

Putra sulung SBY itu menambahkan, selain silaturahim, pihaknya juga membangun semangat kebersamaan, sinergi, dan kolaborasi antara dua institusi yang memiliki peran masing-masing di negara ini. "Tentu kami sangat menghormati MUI sebagai lembaga independen yang mengkoordinasikan berbagai organisasi Islam di Indonesia dan juga terus memperjuangkan segala hal yang menyangkut keumatan umat Islam, dan tentunya secara luas untuk masyarakat dan bangsa negara kita," jelasnya. 

Menurut AHY, Partai Demokrat juga memperjuangkan aspek yang sama dengan MUI. Di sisi Partai Demokrat, pihaknya secara politik terus memperjuangkan berbagai aspek yang serupa, seperti tentang umat Islam, tentang rakyat, dan negara secara keseluruhan. 

Baca juga : Jelang Kompetisi, LIB Kembali Berkoordinasi dengan PSSI

"Di sana-sini banyak hal yang bisa dilakukan kerja sama dan saling menguatkan satu sama lain. Contohnya di berbagai isu tertentu kami memiliki kesamaan cara pandang yang tentunya suara MUI bisa kami perkuat melalui suara anggota DPR maupun DPRD di berbagai wilayah. Sebaliknya, kami juga berharap jika ada perjuangan Partai Demokrat yang senada dengan perjuangan MUI, bisa juga disosialisasikan di akar rumput, terutama di kalangan umat Islam," ucapnya. 

Secara khusus, dalam pertemuan yang berlangsung hangat selama hampir 2 jam, juga membahas RUU HIP. AHY menerangkan, sikap Demokrat dan MUI sama, menolak RUU itu.

Baca juga : Hati-hati Saat Berbagi Beban

Waketum MUI KH Muhyiddin Junaidi menyambut kunjungan AHY dan rombongannya. "Tujuan utama dari kehadiran Ketua Umum Partai Demokrat beserta jajarannya ke kantor MUI adalah untuk silaturahim. Kita juga memiliki kesamaan cara pandang dalam beberapa isu yang sedang dihadapi bangsa Indonesia. Semoga kunjungan ini bermanfaat bagi bangsa Indonesia. Insya Allah," ujarnya. 

Dalam kunjungan itu, AHY didampingi Sekjen PD Teuku Riefky Harsha, Bendahara Umum PD Renville Antonio, Kepala Departemen Agama dan Sosial Munawar Fuad Noeh, Kepala Badan Pembinaan Jaringan Konstituen (BPJK) Zulfikar Hamonangan, Wasekjen Agust Jovan Latuconsina, dan Direktur Eksekutif Sigit Raditya. Sementara Waketum MUI KH Muhyiddin Junaidi didampingi Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi KH Abdullah Djaidi, Ketua Bidang Pembinaan Seni Budaya Islam KH Sodikun, Ketua Bidang Perempuan, Remaja dan Keluarga Prof Amany Lubis, serta Wasekjen MUI H.Misbahul Ulum, Nadjamuddin, Rofiqul Umam Ahmad, dan KH Sholahudin Al Aiyub. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.