Dark/Light Mode

Pesan Tegas Megawati Untuk Cakada

Jumat, 17 Juli 2020 19:40 WIB
Ketua Umum DPP PDIP), Megawati Soekarnoputri. (Foto: ist)
Ketua Umum DPP PDIP), Megawati Soekarnoputri. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri meminta, agar para calon kepala daerah (cakada) yang diusung partainya menjadi pemimpin mumpuni dan kokoh dalam menjalankan Pancasila sebagai jiwa, dasar, serta tujuan seluruh kebijakan yang diambil.

Hal ini disampaikannya saat memberikan amanat kepada calon kepala daerah di 45 wilayah yang diumumkan hari ini, Jumat (17/7/2020). "Pemimpin yang mumpuni itu adalah pemimpin yang kokoh dalam menjalankan Pancasila sebagai jiwa, dasar dan tujuan bagi seluruh kebijakan politik yang diambil," kata dia.

Baca juga : Gelar Tes Swab, Pegawai KPK Harus Bebas Covid-19

Para kepala daerah juga harus sosok yang harus benar-benar berpengalaman dalam tata kelola pemerintahan yang baik, mengerti aspek perencanaan kebijakan, dan menjalankannya melalui kepemimpinan yang efektif. "Dan jangan lupa selalu berada bersama rakyat," imbuhnya.

Megawati juga berharap, mereka yang menjadi calon pemimpin harus tetap mempunyai spirit sehingga tidak mudah tergoyahkan dalam menghadapi ujian dan tantangan. Sebab menurut Presiden Kelima RI itu, tugas kepala daerah tidaklah mudah. Maka spirit itu harus terus dijaga sehingga mampu menghadapi hambatan yang ada.

Baca juga : Cegah Narkoba, Citilink Gelar Tes Urine Untuk Karyawan

"Saya tidak akan selalu lupa mengatakan tetaplah selalu bersatu dengan rakyat yang kamu pimpin. Dan apapun juga, seorang pemimpin tidak boleh lupa harus menyatukan antara pikiran dan nurani. Kalau kedua hal ini menjadi satu, Insyaallah maka yang sudah saya beri rekomendasi ini pasti akan bisa menjalankannya dengan baik," kata dia.

Megawati mengatakan, untuk memperkuat konsolidasi kepemimpinan itu, telah memerintahkan kepada DPP PDIP agar para calon kepala daerah segera mengikuti sekolah partai. Meskipun ada kendala teknis akibat pandemi Covid-19, sekolah partai merupakan keharusan.

Baca juga : Penelitian Transmisi Melalui Udara Virus SARS-CoV-2 Masih Dikaji

"Dan nanti dapat dilakukan secara online. Dengan demikian kita berharap, dapat menghasilkan pemimpin yang mumpuni dan selalu mengayomi rakyatnya," kata Megawati. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.