Dark/Light Mode

DPD Dapil Provinsi Lampung

Kans Terpilih Calon Dari Partai Politik Lebih Besar

Selasa, 26 Februari 2019 12:57 WIB
Alzier Dianis Thabranie (kiri) dari DPD, Anang Prihantono (tengah) dari Pertahanan dan Andi Surya (kanan) dari Pertahana.
Alzier Dianis Thabranie (kiri) dari DPD, Anang Prihantono (tengah) dari Pertahanan dan Andi Surya (kanan) dari Pertahana.

 Sebelumnya 
Pengamat Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung (Unila) Toni Wijaya menyebutkan, semua calon anggota DPD Lampung memiliki peluang sama meraih kursi senator. Namun, kata dia, calon berlatar belakang partai politik lebih berpeluang jadi anggota DPD.  “Karena, calon berlatar belakang partai akan mendapat dukungan penuh dari mesin partainya,” papar Toni.

“Jika dilihat dari DPD periode pertama hingga sekarang, mereka tidak pernah sosialisasi. Mereka hanya mengandalkan partai. Dalam hal ini, mereka yang berlatar belakang partai politik sudah punya modal,” jelasnya.

Baca juga : Pasek Nyaleg DPR, Eks Gubernur Hingga Musisi Bisa Raih Kursi

Kata Toni, petahana yang memiliki peluang besar adalah Andi Surya, Anang Prihantoro dan Abdul Aziz Adyas. Ketiganya aktif sosialisasi selama menjabat DPD. “Misalnya Andi Surya memang punya sekolah dan univertas, serta cukup aktif turun ke bawah. Anang Prihantoro aktif dan didukung PDIP. Abdul Aziz kemungkinan besar didukung penuh PKS. Jadi tinggal mencari satu lagi,” tuturnya.

Pendatang baru dengan berlatar belakang partai politik masih cukup sulit mengalahkan 3 petahana. Kata dia, meski Bustami Zainudin didukung PDIP, tapi kemungkinan akan lebih condong ke Anang. 

Baca juga : Batik Podhek Diharap Bisa Penuhi Permintaan Pasar

“Anang memang sudah didukung dari awal. Kemudian Alzier, Nurlita sama-sama memiliki latar belakang dari Golkar tetap akan kesulitan menggeser petahana. Apalagi, kita tahu saat ini Golkar bergejolak. Jadi akan diragukan suara Golkar itu akan penuh ke dia. Begitu juga dengan calon lainnya,” ungkapnya.

Calon DPD Alzier Dianis Thabranie mengaku punya program serta gagasan supaya semua kabupaten dan kota se-Provinsi Lampung bisa sejahtera. Alzier mengkliam, infrastruktur bagus apabila dirinya terpilih mewakili DPD asal Provinsi Lampung. “Di Provinsi Lampung ini kita lihat masih banyak masyarakat belum sejahtera. Dalam hal infrastruktur juga masih belum baik. Karena itu, saya maju DPD,” jelas politisi Golkar itu. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.