Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dapil Provinsi Gorontalo

Istri Gubernur, Eks Menteri & Gubernur Berebut 3 Kursi

Jumat, 25 Januari 2019 12:06 WIB
Rachmat Gobel (kiri) caleg dari Partai Nasdem,  Hj Idah Rusli Habibie (tengah) caleg dari Partai Golkar dan Hana Hasanah Fadel Muhammad (kanan) caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
Rachmat Gobel (kiri) caleg dari Partai Nasdem, Hj Idah Rusli Habibie (tengah) caleg dari Partai Golkar dan Hana Hasanah Fadel Muhammad (kanan) caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kecilnya alokasi kursi DPR untuk Dapil Provinsi Gorontalo tidak lantas membuat dapil ini jadi surganya petahana. Justru dapil di utara pulau Sulawesi ini paling keras. Mantan menteri, istri Gubernur dan eks Gubernur siap merebut kursi Senayan.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), jumlahcaleg yang bertarung di Dapil Gorontalo hanya 44 orang. Mereka memperebutkan 3 kursi DPR di wilayah Bone Bolango, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo Utara, Bialemi dan Pahuwato. 

Baca juga : Jagokan 4 Tokoh, Beringin Cuma Targetkan 3 Kursi

Minimalisnya jumlah caleg di dapil ini tidak lantas menurunkan kualitas para calegnya. Para calon wakil rakyat di Gorontalo ini memiliki kualitas politik mumpuni. Di sini, terselip mantan menteri, istri Gubernur Gorotntalo, mantan Gubernur Gorontalo, mantan Direktur Walhi dan lainnya.

Partai Gerindra, misalnya, menurunkan dua jagoannya. Elnino MHusein Mohi dan Nurul Syamsu Panna. Elnino adalah petahana dari dapil ini. Pada Pileg 2014, Elnino meraup 35.712 suara. Sementara, Nurul Syamsu Panna adalah mantan anggota KPUD Gorontalo. Baik Elnino dan Nurul paham betul medan di Dapil Gorontalo ini.

Baca juga : Eks Menteri Jokowi, Senator & Tokoh Nasional Turun Lagi

Partai Golkar pun ikut bermanuver dengan menurunkan petahana Roem Kono dan Hj Idah Syahidah Rusli Habibie.Latar belakang dua jagoan Golkar ini tidak bisa dilihat sebelah mata. Pada Pileg 2014, Roem Kono merupakan peraih suara tertinggi di Dapil Gorontalo dengan 117.831 suara. Sementara Hj Idah Rusli Habibie notabenenya adalah istri Gubernur Gorontalo dua periode Rusli Habibie.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.