Dark/Light Mode

Menkumham Ingatkan Jajaran Gunakan Anggaran Demi Kepentingan Rakyat

Jumat, 24 Juli 2020 18:33 WIB
Menkumham,  Yasonna Laoly, didampingi Sekjen Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto (kiri), saat rapat koordinasi yang diikuti Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkup Kemenkumham, Jumat (24/07).
Menkumham, Yasonna Laoly, didampingi Sekjen Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto (kiri), saat rapat koordinasi yang diikuti Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkup Kemenkumham, Jumat (24/07).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly menginstruksikan jajarannya untuk menggunakan anggarannya untuk membantu kepentingan masyarakat luas.

Hal itu diutarakan Yasonna dalam Rapat Koordinasi Pimpinan terkait evaluasi pelaksanaan anggaran, Jumat (24/07).

"Anggaran yang diberikan kepada Kemenkumham hendaknya digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat seluas-luasnya," kata Yasonna.

Ia mengatakan, berkali-kali Presiden telah mengingatkan agar membelanjakan anggaran sebagai bagian dari upaya menggerakkan roda perekonomian yang kurang stabil seperti sekarang.

Baca juga : Kemhan: Tak Ada Penyelewengan Anggaran Dalam Kasus Rekening Pribadi

"Sebagai bagian dari pemerintah, tentu kita wajib menyukseskan seluruh program dan kegiatan dengan maksimal," ujarnya.

Hanya, Yasonna mengingatkan agar penggunaan anggaran tetap memperhatikan aspek pertanggung  jawaban publik.

"Dalam beberapa kesempatan bapak Presiden selalu berpesan bahwa APBN yang dialokasikan harus dibelanjakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Yasonna.

Namun dalam pelaksanaannya tentu saja harus mengedepankan prinsip cepat, tepat, efektif dan transparan serta akuntabel," ujar lelaki kelahiran Sorkam, Tapanuli Tengah, tersebut.

Baca juga : Menkumham Ingatkan Integritas Saat Lantik Pimpinan Pratama

Dalam rapat koordinasi yang diikuti Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkup Kemenkumham itu, Yasonna meminta jajarannya untuk kreatif mengatasi tantangan pandemi Covid-19.

"Saya memahami, adanya pandemi ini membatasi ruang gerak kita dalam bekerja, tetapi kemarin kita sudah sepakat bahwa Jajaran Kemenkumham akan tetap aktif dan produktif berkinerja. Salah satunya dengan memanfaatkan dan mengedepankan teknologi informasi sebagai alat kerja kita di tengah pandemi ini," tuturnya.

Yasonna menyampaikan keyakinan bahwa jajarannya bisa menyelesaikan pekerjaan rumah terkait realisasi penggunaan anggaran ini dengan baik sebagaimana keberhasilan Kemenkumham meraih opini WTP lima kali berturut-turut dari BPK.

Untuk itu, ia berharap ada sinergi kerja sama antar-seluruh unit di lingkup Kemenkumham.

Baca juga : Sabam Sirait: Jangan Gunakan Isu SARA dalam Pilkada!

"Seluruh Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama, saya minta agar peduli dan terus melakukan monitoring terhadap pencapaian kinerja dan anggaran di unit masing-masing. Jika ada anggaran yang berlebih dan terindikasi tidak terserap, segera laporkan ke Sekretariat Jenderal dan Inspektorat Jenderal untuk mencari solusi yang tepat," tuturnya.

Selain itu, ia minta Sekretaris Jenderal dan Inspektur Jenderal mengawal dan mendampingi seluruh Unit Eselon I, sehingga proses penyerapan anggaran dan pengadaan barang jasanya sesuai aturan dan prinsip value for money, yaitu efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran, dapat tercapai. (DIR)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.