Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nyatakan Akan Jadi Mentor Politik Gibran

Zul Disentil Amien, Dikepret RR

Kamis, 13 Agustus 2020 06:13 WIB
Ketum PAN Zulkifli Hasan (kiri) bersama Gibran Rakabuming Raka (Foto: Twitter @ZUL_Hasan)
Ketum PAN Zulkifli Hasan (kiri) bersama Gibran Rakabuming Raka (Foto: Twitter @ZUL_Hasan)

RM.id  Rakyat Merdeka - PAN resmi mendukung Gibran Rakabuming Raka untuk Pilkada Solo. Ketum PAN Zulkifli Hasan menyerahkan langsung surat dukungan itu ke Gibran, yang datang ke kediamannya, di Jakarta, kemarin. Dalam pertemuan itu, Zulkifli menyatakan tidak hanya mendukung, tapi juga ingin menjadi mentor politik bagi putra sulung Presiden Jokowi itu.

Penyerahan dukungan ini disiarkan langsung melalui akun resmi Instagram Zulkifli. Menurut Zulkifli, Gibran layak didukung dalam Pilkada Solo. Ia juga melihat Gibran sebagai salah satu calon pemimpin masa depan.

Usai pertemuan, Zulkifli memprediksi Gibran dan pasangannya, Teguh Prakosa, akan menang telak pada Pilkada Solo 2020. Bisa meraup minimal 80 persen suara. "Biasanya ramalan saya benar. Apa pun lawannya nanti ya, apa ada lawan, apa kotak kosong, tapi kira-kira seperti itu,” kata Zulkifli.

Baca juga : Bamsoet Cerita Gebrakan Zuckerberg Dan Nadiem

Foto pertemuan itu juga dipamerkan Zulkifli di akun Twitter miliknya, @ZUL_Hasan. Dalam foto itu, Zulikifli tampil dalam baju koko putih dengan peci hitam. Sedangkan Gibran mengenakan kemeja lengan panjang warna putih yang digulung sesiku. Dalam cuitan inilah Zulkifli menyatakan ingin menjadi mentor Gibran.

“Hari ini saya menerima kunjungan silaturahim Gibran Rakabuming di kediaman saya. Kita tahu ia sedang berjuang di Solo menjadi wali kota. Saya menyemangati dan mendoakannya. Saya katakan kepadanya bahwa saya akan menjadi mentor politiknya,” cuit Zulkifli.

Menurut mantan Ketua MPR itu, Gibran, yang memulai karier politik dari level kota adalah preseden baik untuk semua calon pemimpin di masa depan. "Maju terus, Gibran. Semangat tak boleh surut,” ujarnya.

Baca juga : Diserang Isu Dinasti Politik, Gibran Mengutip Kalimat Bapaknya

Ia menilai, Gibran salah satu contoh pemimpin muda yang ingin berbuat untuk masyarakat. Sebagai individu, Gibran sudah selesai dengan dirinya. “Ia pengusaha sukses, punya visi ke depan memajukan masyarakat, berpengalaman me-manage orang dan saat ingin mengabdi untuk kotanya,” kicaunya.

Dukungan Zulkifli ke Gibran ini disambut riwuh warganet. Sampai pukul 9 malam tadi, cuitan Zulkifli sudah dikomentari 528 orang, dan 110 pengguna lainnya me-retweet. Sebanyak 99 lainnya memberikan tanda jempol. Komentarnya beragam. Sebagian menyayangkan manuver PAN yang mendukung Gibran. Zulkifli kira-kira membaca nggak ya komentar itu.

Dari tokoh, komentar datang dari Amien Rais dan Rizal Ramli. Amien tampaknya kecewa betul dengan pertemuan Zulkifli dengan Gibran. “Partai yang pernah didirikan untuk melawan oligarki politik, kini menjadi mentor oligarki politik. Apakah @Official_PAN tengah menyakiti basis ideologis pemilihnya? Biarkan rakyat yang menilai,” cuitnya di @Amien__Rais.

Baca juga : Partai Politik di Senayan Tinggal Lima

Sedangkan Rizal Ramli menuding, makin lama Zulkifli terjerembab makin dalam. “Kira-kira apa ya penjelasannya?” kicaunya di @RamliRizal.

Warganet biasa juga komentarnya pedas-pedas. Seperti akun @GenThoww. “Matahari biru semakin lama bisa semakin redup dan lama-lama padam, ditinggal konstituennya,” cuitnya. “Matahari biru semakin memerah,” timpal @tibylin. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.