Dark/Light Mode

PBB Berdoa Amien Rais Dan Zulhas Tetap Satu Perahu

Minggu, 13 September 2020 06:12 WIB
Wakil Ketua Umum DPP PBB, Sukmo Harsono. (Istimewa)
Wakil Ketua Umum DPP PBB, Sukmo Harsono. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konflik di internal Partai Amanat Nasional (PAN) mendapat perhatian dari Partai Bulan Bintang (PBB). Partai dengan lambang bintang dan bulan sabit itu berharap, Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Amien Rais tetap berada di satu perahu.

Wakil Ketua Umum DPP PBB, Sukmo Harsono merasa prih­atin dengan konflik di internal PAN. Sebagai sesame partai yang lahir sebagai produk reformasi, pihaknya ingin PAN solid dan kompak.

“Saya berdoa agar PAN bersama Bung Zulhas (Ketua Umum PAN) dan Pak Amien Rais (Pendiri PAN) terus dalam satu partai, menjadi aset bangsa aset umat,” ujar Sukmo, kemarin.

Sukmo berharap, Zulhas dan Amien menjalin komunikasi dan mencegah perpecahan. Menurutnya, keduanya memang idealnya tetap berada di satu perahu.

Baca juga : PAN Ikhlaskan Amien Mendirikan Partai Baru

Sebagai partai yang sama-sama lahir di era reformasi, PBB, lanjut Sukmo, berharap agar PAN tetap bersatu. Pasalnya, perjuangan partai berbasis Islam di Pemilu 2024 semakin berat.

Sudah banyak, dan ada wacana peningkatan ambang batas parlemen di atas empat persen. “Jika perbedaan dalam sebuah partai harus disikapi dengan perpecahan dan membentuk partai baru tentu hal yang sangat disayangkan,” tutupnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PBB Randy Bagasyudha. Ia berharap PAN islah. Selain tidak mudah membangun partai, pecahnya PAN akan berdampak kepada kekuatan politik Islam.

“Pada intinya kita menghormati hak politik setiap warga negara yang ingin mendirikan partai politik, begitu pula dengan sahabat-sahabat kami di PAN Reformasi,” ujar Randy kepada Rakyat Merdeka.

Baca juga : Amien Dikecilkan Zulhas Cs

Anak buah Ketum PBB, Yusril Ihza Mahendra ini menilai, idak mudah bagi Amien Rais untuk membuat sebuah partai politik.

Banyak yang harus dipenuhi. Jika pun berhasil menjadi kontestan Pemilu 2024, umat Islam akan terpecah-pecah suaranya dan semakin terpuruk di kancah nasional.

Mantan aktivis Universitas Indonesia (UI) ini kembali mengingatkan agar para elite parpol berbasis Islam untuk menurunkan ego dan melembutkan hati untuk saling memaafkan.

“Ini demi kepentingan yang jauh lebih besar yaitu persatuan kekuatan politik Islam yang lama dirindukan oleh umat,” sebutnya.

Baca juga : Amien Rais Bakal Umumkan Kepastian Parpol Baru Besok

Sebelumnya, pendiri PAN Amien Rais mengumumkan dirinya dan para sahabatnya akan mendirikan partai baru dengan asas partainya, Islam rahmatan lil’alamin atau Islam sebagai rahmat bagi semesta alam.

“Asas partai adalah Islam rahmatan lil ‘alamin. Islam melarang diskriminasi atas dasar apa pun. Sementara, semboyan kami adalah ‘Lawan Kezaliman’ dan ‘Tegakkan Keadilan’,” ujar Amien melalui jejaring Instagram miliknya, beberapa waktu lalu.

Amien belum menyampaikan logo dan Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga (AD/ ART) partai yang akan didirikannya. Dia bilang, partai barunya sedang dipersiapkan. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.