Dark/Light Mode

Nama Dan Asasnya Menyasar Ke PKS

Salah Alamat, Jika Partai Ummat Dianggap Akan Mengancam PAN

Minggu, 4 Oktober 2020 05:11 WIB
Viva Yoga Mauladi. (Istimewa)
Viva Yoga Mauladi. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran Partai Ummat yang dimotori tokoh reformasi Amien Rais dinilai tak akan berpengaruh terhadap basis pemilih Partai Amanat Nasional (PAN).

Pasalnya, jika dilihat dari asas dan nama partai, lebih mendekati ke Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Hal itu ditegaskan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin. Menurutnya, salah alamat jika Partai Ummat akan mengambil basis pemilih PAN.

Berita Terkait : PAN Pede Nggak Ada Bedol Desa

“Jadi, partai Ummat ini kalau dianggap menyasar suara PAN, salah alamat. Justru yang disasar pemilihnya PKS. Khawatirnya di situ, Pak Amien yang mencoba menyasar pemilih PAN, justru yang disasar PKS,” ujarnya.

Adi menjelaskan, salah alamat itu ketika partai baru ini menyebut asas partainya adalah Islam Rahmatan Lil’alamin. Kemudian, dilanjutkan dengan nama partai yaitu Partai Ummat.

Dua indikator ini, bisa dikatakan menyasar dukungan pemilih Islam kritis dan inklusif. Bukan nasionalis. Masalahnya, selain jumlah kategori pemilih Islam kritis ini sedikit, ditambah lagi, sebagian besar sudah memberikan pilihannya kepada PKS.

Baca Juga : Menghentikan Potensi Korup

Sekalipun Partai Ummat dan PKS saling mendukung, sulit bagi Amien Rais Cs nanti meraih limpahan suara pendukung PKS.

“Jangankan ke Partai Ummat, ke Partai Gelora saja tidak pindah. Apalagi, Partai Ummat dengan PKS ini tidak ada basis historisnya,” sebutnya.

Juga, ketika nanti Partai Ummat me-launching sejumlah tokoh partai. Siapapun itu, katanya, simbol partai ini adalah tetap Amien Rais. Sayangnya, tokoh reformasi ini pengaruhnya dinilai tidak lagi sekuat dulu.

Baca Juga : Kangen Nonton Bioskop

Pasca reformasi, banyak tokoh bermunculan dan sudah tertanam di benak masyarakat. Menilik langkah yang dilakukan Amien Rais Cs ini, Adi meyakini, tidak banyak kader PAN yang akan pindah ke Partai Ummat.
 Selanjutnya