Dark/Light Mode

Elektabilitasnya Mulai Letoy

Prabowo Terancam Digusur Ganjar Di Bursa Capres 2024

Sabtu, 17 Oktober 2020 05:59 WIB
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Demikian pula dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, turun dari 2,9 persen menjadi 2,1 persen. Di antara pejabat pemerintah pusat, Menteri BUMN Erick Thohir mengalami kenaikan dari 1,8 persen menjadi 2,3 persen.

Sedangkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD turun sedikit dari 1,4 persen menjadi 1,3 persen. Kemudian, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) turun dari 3,3 persen menjadi 2,9 persen. Petinggi PDIP yang juga Ketua DPR Puan Maharani turun dari 1,2 persen menjadi 1,1 persen.

Baca juga : Elektabilitas Prabowo Dipepet Ganjar, Selisihnya Tinggal 0,3 Persen

“Tokoh baru yang muncul adalah Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti,” katanya.

Bagi Leonard, kehadiran Giring di bursa Pilpres 2024 cukup menarik. Meskipun belum masuk dalam daftar pertanyaan tertutup pada survei Juli 2020. Namun dalam tiga bulan terakhir popularitas Giring terdongkrak sejak deklarasi sebagai calon presiden mewakili aspirasi politik anak anak muda.

Baca juga : Prabowo Dan Anies Melorot, Ganjar Dan Emil Diunggulkan

Elektabilitas Giring meraih angka 1,9 persen, sehingga berhasil menyalip tokoh-tokoh seperti Puan dan Mahfud MD. Sedangkan Susi Pudjiastuti da ri sebelumnya hanya 0,6 per sen bergerak naik menjadi 1,0 persen. Masih ada nama-nama yang elektabilitasnya di bawah 1 persen, dan sisanya tidak tahu/ tidak jawab 16,4 persen. artinya, masih ada peluang bagi tokohtokoh lain untuk muncul dan ceruk suara yang bisa diperebutkan dalam waktu yang masih cukup lama menuju 2024.

Dikatakan, Survei Indometer dilakukan pada 25 September hingga 5 Oktober 2020 melalui sambungan telepon kepada 1.200 responden dari seluruh provinsi yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2019. Margin of error sebesar 2,98 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.