Dark/Light Mode

PDIP Dedikasikan Kantor Baru Lima Lantai Di Yogyakarta, Untuk Megawati

Rabu, 28 Oktober 2020 17:36 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Istimewa)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP meresmikan kantor berlantai lima untuk pengurus DPD PDIP, Yogyakarta. Kantor ini, dibuat besar sebagai persembahan khusus untuk Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri, yang lahir di kota ini.

“Kantor DPD PDIP di Yogyakarta ini dipersembahkan secara khusus kepada Ketum Ibu Megawati Soekarnoputri,” ujar Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto dalam acara peresmian yang digelar secara virtual, di Jakarta, Rabu (28/10).

Diceritakan Hasto, Megawati lahir di Yogyakarta pada 23 Januari 1947. Saat itu, belum genap dua tahun Indonesia merdeka.

Baca juga : KPPI Mulai Selidiki Lonjakan Jumlah Impor Barang Kertas Sigaret

Pemimpin bangsa kala itu, termasuk Sang Proklamator, Soekarno berada dalam situasi mempertahankan kemerdekaan dan terus dikejar penjajah Jepang.

Karena kantor ini dipersembahkan untuk Megawati, maka inspirasinya tentu berasal dari Presiden RI kelima itu. Utamanya, tentang perhatiannya terhadap pelestarian lingkungan. Alhasil, gedung megah ini pun berkonsep hijau.

“Desain gedung ini terinspirasi dari concern Ibu Megawati selama ini, yakni green building. Jadi, kader harus memperhatikan kelestarian lingkungan," katanya.

Baca juga : Pekan Ini, Gubernur Jabar Gelar Simulasi Vaksinasi Di Kota Depok

Nantinya, kantor tersebut tidak hanya berfungsi sebagai urusan administrasi partai. Namun, sebagai rumah rakyat dan rumah budaya.

Gambarannya, kantor ini memiliki lima lantai. Memiliki ruang lobi luas di lantai satu, ada taman budaya, klinik kesehatan dengan dokter gratis, dan mushola yang nyaman.

Lantai dua, diperuntukkan bagi Megawati sebagai ruang Ketum Partai, ruang pimpinan dan pengurus DPD PDIP Yogyakarta, serta ruang rapat. Tersedia juga ruang komunal di lantai ketiga, yang bisa menjadi coworking space untuk bekerja dan berkegiatan.

Baca juga : PUPR Tingkatkan Konektivitas Jalan Morotai Untuk Pariwisata

Di lantai berikutnya, ada perpustakaan, ruang kebudayaan dan berkesenian yang bisa dipakai masyarakat umum. Selain kantor di Yogyakarta, DPP PDIP juga meresmikan 12 kantor di daerah, dan patung Bung Karno di Yogyakarta.

Megawati menyambut baik semangat pembangunan kantor megah di Yogyakarta. Ia berharap, hal itu bisa menginspirasi pembangunan kantor seperti itu di kota lainnya.

“Kantor ini diselesaikan cukup lama. Mungkin dua tahunan. Tapi walau pelan, tapi progresnya selalu ada. Di daerah lain, banyak alasan. Katanya tak ada uang, Bu. Tapi itu karena tak diusahakan. Jadi butuh perjuangan serupa," kata Megawati. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.