Dark/Light Mode

Ibas Salurkan Bantuan 7.000 Paket Sembako Di Dapil VII Jatim

Selasa, 3 November 2020 21:32 WIB
Penyerahan paket sembako dari Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono (Foto: Dok. PD)
Penyerahan paket sembako dari Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono (Foto: Dok. PD)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 membuat banyak sektor porak-poranda. Selain ancaman kesehatan hingga kematian, perekonomian pun ikut kena imbasnya. Banyak pengusaha gulung tikar dan banyak pula yang berjuang di ambang kebangrutan. Jumlah pekerja yang kena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan lebih banyak lagi. Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan, jumlah pekerja yang mengalami PHK dan dirumahkan akibat Covid-19 sampai 5,6 juta orang. 

Meningkatnya jumlah PHK berdampak pada penurunan daya beli masyarakat. Tidak hanya penurunan dalam bidang tersier, daya beli pangan juga ikut turun drastis. Pada April 2010, Badan Pusat Statistik mencatat, ada deflasi bahan pangan sebesar 0,13 persen. Sejauh ini, pemerintah telah melakukan upaya untuk mengantisipasi penurunan daya beli dengan menyalurkan sejumlah bantuan sosial. 

Melihat kondisi ini, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono, ikut turun tangan. Di masa reses ini, politisi muda yang akrab disapa Ibas tersebut menyalurkan bantuan sebanyak 7.000 paket sembako di daerah pemilihan (Dapil) VII Jawa Timur, khususnya Trenggalek dan Pacitan. Bantuan tersebut dialokasikan melalui dua program, yakni EBY Foundation dan Program Kemitraan DPR Edhie Baskoro Yudhoyono. 

Baca juga : Atasi Stunting, Kementan Tanam 50.000 Ha Padi Inpari IR Nutrizinc

EBY Foundation mengalokasikan 5.000 paket sembako untuk Kabupaten Trenggalek yang akan dibagikan di 2 kecamatan dengan total 21 desa. Kemudian, Program Kemitraan DPR Edhie Baskoro Yudhoyono mengalokasikan 2.000 sembako untuk Kabupaten Pacitan di 2 kecamatan dengan total 17 desa. 

Ibas melepas langsung pembagian 7.000 paket sembako itu, Selasa (3/11). Namun, karena masih pandemi, sambutan pelepasan disampaikan secara daring.

Mengawali sambutannya, Ibas meminta maaf karena tidak dapat hadir dan berjabat tangan langsung menemui para undangan serta pendukungnya. “Ada istilah jauh di mata, dekat di hati. Untuk itu, walaupun kita hanya dapat bertemu secara virtual, saya yakin kita semua memiliki semangat yang sama untuk terus bekerja keras, cerdas dan ikhlas. Nggih…” ucapnya membuka pertemuan. "Sesungguhnya bagian terindah dalam hidup adalah saat kita bisa terus peduli dan berbagi untuk kebahagiaan orang banyak,” sambungnya. 

Baca juga : Ibas Beri Bantuan Modal Ke Ratusan UMKM Di Dapil VII Jatim

Ibas berharap, bantuan sembako ini diharapkan mampu meringankan beban dan menambah energi kehidupan masyarakat. Ia juga berharap pembagian sembako ini dapat dilakukan secara tertib dan tepat sasaran.  

“Untuk itu, hari ini, izinkan saya EBY Peduli dan Berbagi memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita di Trenggalek dan Pacitan, khususnya di Nawangan, Bandar, Munjungan, dan Dongko berupa bantuan sembako sebanyak total 7.000 untuk meringankan beban dan menambah energi kehidupan sedulur sedoyo. Jangan dilihat jumlahnya, tapi Insya Allah dapat meringankan sedikit dari sekelumit masalah yang ada. Tolong dipastikan pemberian sembako tepat sasaran, tertib dan sampai kepada masing-masing. Lalu, untuk semua tim pendukung EBY, terima kasih!” paparnya bersemangat. 

Menutup sambutannya, Ibas tidak lupa mengingatkan agar masyarakat tetap semangat, produktif, dan menjalankan protokol kesehatan untuk keselamatan diri, keluarga, serta lingkungan. Baik itu menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker, dan selalu berdoa agar pandemi lekas usai. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.