Dark/Light Mode

Rasakan Kesulitan Pedagang Kecil

Ibas Beri Bantuan Modal Ke Ratusan UMKM Di Dapil VII Jatim

Kamis, 29 Oktober 2020 17:23 WIB
Penyerahan bantuan modal untuk pedagang kecil yang dilakukan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono. (Foto: Dok. PD)
Penyerahan bantuan modal untuk pedagang kecil yang dilakukan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono. (Foto: Dok. PD)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono merasakan begitu sulitnya kehidupan pedagang kecil dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di masa pandemi ini. Politisi muda yang akrab disapa Ibas itu pun turun tangan dengan memberikan bantuan modal.

Ibas memberikan modal kepada ratusan pedagang kecil yang ada di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur VII, yang meliputi Ngawi, Trenggalek, Magetan, Ponorogo dan Pacitan. "UMKM memiliki peran penting dalam pergerakan ekonomi wilayah. Bahkan, bisa dikatakan UMKM merupakan soko guru pemulihan ekonomi nasional," ujar putra bungsu SBY itu, saat menyapa secara virtual online ratusan pedagang di Dapil Jatim VII, Kamis (29/10) 

Baca juga : Ibas Beri Bantuan Modal Ke 500 UMKM, Minta Jangan Menyerah Karena Pandemi

Menurut Ibas, profesi pedagang mikro harus terus didorong dan dikembangkan. Sebab, mereka akan memberikan kontribusi yang besar dalam penyerapan tenaga kerja serta pemerataan kesejahteraan masyarakat di daerah-daerah. 

"Saya mengerti, di tengah-tengah wabah Corona saudara-saudara kita di Indonesia mengalami keprihatinan. Ada yang kehilangan pekerjaan, ada yang kekurangan pemasukan, ada yang terlilit utang dan bahkan ada yang sulit untuk melanjutkan kehidupan,” ucap anggota Komisi VI DPR ini. 

Baca juga : Temui Pasukan Bantuan Pengamanan Parlemen, Bamsoet Beri Bantuan Makanan

Menurutnya, dorongan konkret dalam bentuk penguatan modal usaha diharapkan bisa memotivasi para pedagang untuk tetap bekerja keras dan tidak putus asa bertahan dan tetap produktif di masa pandemi. "Kita terus ingatkan mereka yang lebih mampu untuk lebih peduli dan berbagi kepada sesama. Juga kepada pemerintah pusat dan daerah untuk terus pro rakyat dan pro UMKM. Berupaya agar UMKM dapat bertahan, terus berkarya dan tetap menghasilkan. Apakah itu berupa insentif bantuan hibah tunai, penyaluran KUR dengan bunga rendah, keringan bunga cicilan kredit, dan lain sebagainya," jelas Ibas. 

Ibas menyampaikan apresiasi kepada daerah seperti Kabupaten Pacitan yang terus konsisten mendorong program UMKM seperti bantuan permodalan dana bergulir, pelatihan teknis usaha, dan pembimbingan manajemen usaha. "Saya berharap proses dukungan kepada pelaku UMKM menjadi lebih sederhana, cepat dan tepat. Mereka semua butuh bantuan agar tidak melihat mereka gulung tikar terlebih dahulu baru dibantu dan diperhatikan," harap Ibas. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.