Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tepat Di Hari Kelahirannya

Partai Masyumi Reborn Dideklarasikan 7 November

Kamis, 5 November 2020 06:10 WIB
Tepat Di Hari Kelahirannya Partai Masyumi Reborn Dideklarasikan 7 November

RM.id  Rakyat Merdeka - Jika tak ada aral melintang, Partai Masyumi Reborn akan menggelar deklarasi. Yakni pada 7 November 2020, bertepatan hari lahir Masyumi pada 7 November 1945.

Inisiator Partai Masyumi Reborn, Ahmad Yani membenarkan, Masyumi Reborn akan dideklarasikan pada pekan ini. “Insya Allah, bersamaan dengan ulang tahun Masyumi, kita rencanakan mendeklarasikan atau meneruskan perjuangan Masyumi 45. Insya Allah pada 7 November kita reborn,” ungkapnya, kemarin.

Berdasarkan sejarah, sejak dideklarasikan dalam waktu kurang dari setahun, partai ini menjadi partai politik terbesar di Indonesia. Masyumi termasuk dalam kategori organisasi Islam, sama seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Baca juga : Di Balik Nyamannya Perjalanan Kereta Api, Ada Petugas Berdedikasi

Rencananya, kata Yani, deklarasi Partai Masyumi Reborn akan digelar di Gedung Dewan Dakwah. Selain deklarasi, akan diumumkan juga nama-nama anggota Majelis Syuro.

Saat ini ada sekitar 57 tokoh yang bersedia menjadi anggota Majelis Syuro. “Majelis Syuro mempunyai kekuasaan tertinggi,” ujar dia.

Setelah diumumkan ke publik, nantinya Majelis Syuro yang akan memilih, siapa saja tokoh yang duduk di DPP Partai Masyumi Reborn seperti ketua, sekretaris serta bendahara.

Baca juga : Pilih Ketua Baru, PP PBSI Gelar Munas 5 November 2020

Selain itu, para ulama dan tokoh yang tergabung di dalam Majelis Syuro juga akan memilah dan melakukan tracking, mengenai siapa saja figur yang masuk ke dalam kepengurusan partai ke depan.

Inisiator Partai Masyumi Reborn Provinsi Riau, Muhammad Navis mengatakan, Partai Masyumi Reborn akan mengusung konsep partai kader.

“Beda dengan partai kebanyakan,” tegasnya.

Baca juga : Amien Pake Gaya YouTuber

Dikatakan Navis, dengan konsep partai kader tersebut, penyusunan pengurus tidak bisa buru-buru. Ketika Partai Masyumi Reborn dideklarasikan pada 7 November, maka kepengurusan belum paripurna. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.