Dark/Light Mode

Bursa Calon Ketum PPP

Kader Muda Ngarep Dari Kalangan Santri

Kamis, 26 November 2020 05:48 WIB
Bursa Calon Ketum PPP Kader Muda Ngarep Dari Kalangan Santri

RM.id  Rakyat Merdeka - Bursa Calon Ketua Umum (Caketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tengah bergeliat. Beragam ide bermunculan. Kini, datang dari kader muda PPP yang berharap Ketua Umum PPP berasal dari kalangan santri.

“Saat ini, PPP hanya pas dipimpin oleh tokoh yang berasal dari kalangan santri. Karena memang berdirinya PPP ini diprakarsai oleh santri dan basis suara PPP sejak dulu santri,” ujar politisi muda PPP, Usni Hasanuddin kepada wartawan, kemarin.

Siapa saja Caketum PPP yang berasal dari santri? Usni melihat ada beberapa figure. Di antaranya Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) dan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’’adi.

Baca juga : Ketua MPR Ajak Kader HMI Terapkan Nilai-Nilai Kebangsaan

“Gus Yasin memang besar dari lingkungan santri, bahkan dapat dijadikan icon sebagai santri milenial. Atau Zainut yang dekat dengan kalangan santri, bukan karena ke Wamenag atau MUI-nya, tapi memang beliau dekat dengan kalangan santri,” ungkapnya lagi.

Usni yakin, jika PPP dipimpin oleh figur dari kalangan santri, para pemilih dan kader serta umat akan kembali merapat ke PPP. Keyakinan itu dilatarbelakangi oleh sejarah dan para pemilih PPP yang mayoritas dari kalangan santri.

Selain itu, figur Caketum juga harus diperhatikan betul oleh para pemilih di Muktamar nanti. Karena mau tidak mau figur akan menjadi kunci dalam sistem perpolitikan di Indonesia.

Baca juga : Tito Tak Sedang Menakut-nakuti

“Selain figur yang harus diperhatikan oleh para muktamirin, bukan saja sosoknya yang saat ini menjabat, tapi lebih pada basis tokohnya,” ujarnya.

Kenapa harus diperhatikan, kata Usni, para muktamirin tidak bisa hanya mengandalkan sosok dengan mengabaikan basis massa Caketum.

Sedangkan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Sumatera Utara, Yulizar Parlagutan, juga mengungkapkan kriteria ideal Caketum PPP di Muktamar IX, yang akan digelar di Makassar, 1921 Desember 2020.

Baca juga : Cari Ketum Baru, Pertina Bakal Gelar Munas Di Labuan Bajo

“Saya yakin siapapun yang bisa menjamin itu (lolos parliamentary threshold/PT) dan bisa meyakinkan muktamirin bahwa dia akan mengangkat partai ini pada kejayaan, ia pasti akan terpilih,” ujarnya. [REN/BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.