Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Presiden PKS Tegaskan Komitmen Lindungi Pekerja Migran Indonesia

Senin, 28 Desember 2020 09:40 WIB
Presiden PKS Ahmad Syaikhu (Foto: Dok. PKS)
Presiden PKS Ahmad Syaikhu (Foto: Dok. PKS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden PKS Ahmad Syaikhu menegaskan komitmen untuk bersama Pekerja Migran Indonesia (PMI) dengan melakukan pendampingan dan advokasi kebijakan bagi kepentingan mereka. Syaikhu menyebut, salah satu misi PKS adalam AD/ART adalah kepeloporan dalam pelayanan, pemberdayaan, dan pembelaan bagi kepentingan masyarakat.

Dalam konteks ini, papar dia, PKS berkomitmen memperjuangkan kebijakan yang pro PMI dan meningkatkan potensi PMI agar kuat dan berdaya. "Kepada struktur PKS, termasuk PKS Sahabat Migran, agar mengawal kebijakan, memastikan keselamatan, dan perlindungan yang terhormat dari negara untuk Pekerja Migran Indonesia," papar Syaikhu, dalam diskusi daring Peringatan Hari Migran Internasional dari DPP PKS, Jakarta, Minggu (27/12).

Baca juga : Mahfud MD Tegaskan Tak Ada Islamofobia Dan Kriminalisasi Ulama Di Indonesia

Syaikhu menyebut, mertuanya pernah menjadi pekerja migran. Dia merasakan, betapa sumbangsih pekerja migran luar biasa bagi negara.

"PMI memberikan kontribusi sangat besar bagi negara. Data November 2020 menyebut ada Rp 157 triliun lebih devisa negara dihasilkan dari pekerja migran," papar dia.

Baca juga : Pesan Nataru, Panglima TNI Dan Kapolri Jaga Persatuan Bangsa

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menambahkan, posisi PKS dalam memperjuangkan PMI terus dilakukan dalam berbagai kesempatan. "Saya kira jati diri dan citra PKS sudah lama dikenal oleh rekan-rekan pekerja migran, yaitu yang dari dulu setia membela, membantu, membersamai rekan-rekan pekerja migran," tutur politisi senior PKS ini.

Hidayat menyampaikan secara praktik, bentuk pembelaan terhadap pekerja migran dilakukan dalam bentuk menjalin komunikasi bersama stakeholder yang berhubungan dengan pekerja migran secara langsung. "Selain membuat pernyataan di publik, bila ada masalah saya juga biasa telepon langsung menteri luar negeri, atau kawan-kawan di Komisi I DPR untuk kawan-kawan bisa dibantu, dibela. Saya juga komunikasi langsung kepada Ketua BP2MI agar mereka memiliki kepedulian langsung kepada rekan-rekan migran," ucap Hidayat. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.