Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Borong 3 Piagam MURI Sekaligus

Tumpengan PDIP Tembus Rekor Dunia

Rabu, 20 Januari 2021 06:26 WIB
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
(PDIP) Megawati Soekarnoputri (Foto: Ahmad ali/Rakyat Merdeka)
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (Foto: Ahmad ali/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri merasa bangga atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan untuk partainya dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Partai berlogo Banteng itu meraih tiga rekor MURI atas rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) PDIP ke-48. “Terima kasih, saya tentu sangat bangga sekali,” ujar Megawati melalui keterangan tertulis, kemarin.

Dia mengatakan, awalnya hanya mengetahui jika perayaan ulang tahun PDIP kali ini dilirik MURI. Namun, tidak menyangka mendapatkan tiga buah penghargaan. “Saya tidak menyangka hasilnya mencapai rekor MURI,” pungkasnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto juga mengatakan, apa yang didapatkan partai kali ini adalah buah dari ajaran Ketum Megawati. Yaitu, tentang berpolitik juga harus memperindah alam raya Indonesia. “Bahwa kebahagian manusia itu juga dalam keseimbangan manusia dengan Sang Pencipta, manusia dengan alam raya, dan manusia dengan sesama,” ujarnya.

Baca juga : Bersatu, Suharso Targetkan PPP Kembali Berjaya Di 2024

Penggagas MURI, Jaya Suprana, menyerahkan langsung secara virtual penghargaan atas acara HUT PDIP ke-48, Senin (18/1) lalu. “Dengan penuh kerendahan hati saya mohon berkenan, untuk dapat menganugerahkan tiga piagam penghargaan MURI dalam rangka HUT ke-48 dan Rakernas PDIP,” ujarnya.

Tiga penghargaan itu antara lain, prosesi HUT partai politik secara daring dengan peserta terbanyak, yaitu 73.367 peserta. Terdiri atas DPP, plus 34 provinsi dengan 1.367 peserta.

Kedua, MURI juga memberikan penghargaan atas kegiatan penanaman pohon terbanyak oleh anggota partai politik secara serentak di seluruh Indonesia. Yaitu, sebanyak 579.247 pohon tertanam oleh 357.975 anggota parpol.

“Ini penanaman pohon terbanyak oleh anggota partai politik secara serentak dalam merayakan hari ulang tahun,” katanya.

Baca juga : Garuda Indonesia, Maskapai Penerbangan Dengan Prokes Terbaik Dunia

Ketiga, MURI juga memberikan penghargaan atas rekor pembagian tumpeng terbanyak saat HUT ke-48 PDIP kepada masyarakat. Tercatat, ada 7.763 tumpeng yang dibagikan ke panti asuhan, panti jompo, dan berbagai komunitas kemanusiaan.

Setelah memberikan penghargaan secara virtual, nantinya piagam MURI itu akan dikirimkan ke Kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Soal rekor ini, Jaya berkelakar, mungkin saja ini adalah rekor tingkat dunia. Namun dia belum mengetahui, bagaimana partai-partai politik seperti di Amerika, China, maupun Rusia merayakan ulang tahunnya. Apakah ada yang bisa melakukan acara daring sebanyak itu.

“Tapi untuk pembagian Nasi Tumpeng, itu kan adanya cuma di Indonesia. Ini pasti rekor dunia Nasi Tumpeng terbanyak,” pungkasnya.

Baca juga : Mentan Dorong Mekanisasi Mesin Pertanian

Seperti diketahui, PDIP melakukan kegiatan tidak biasa di hari ultahnya tahun ini. Yaitu, melakukan gerakan lingkungan bertajuk Cinta Ciliwung Bersih (CCB). Para kader Banteng, wajib merayakannya dengan membersihkan sungai terdekat, dan melakukan penanaman pohon.  [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.