Dark/Light Mode

Parepare Dorong Pemulihan dan Pertumbuhan Ekonomi

Rabu, 7 Oktober 2020 15:34 WIB
Wali Kota  Parepare,  Sulawesi  Selatan  (Sulsel), Taufan  Pawe
Wali Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), Taufan Pawe

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah pandemi Covid-19, Wali Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), Taufan Pawe mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). Hal ini demi mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi setempat.

Pengukuhan dilakukan di Auditorium BJ Habibie, Kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Selasa (6/10). Dia mengatakan, TPAKD adalah forum komunikasi antar instansi dan stakeholder. Anggotanya terdiri dari aparatur pemda, Otoritas Jasa Keuangan, Kamar Dagang dan Industri, perbankan serta akademisi.

Jumlah pengurus tim ini 41 orang dan sudah dilantik. Diharapkan, dengan telah dikukuhkannya TPAKD, pertumbuhan ekonomi di Kota Parepare bisa pulih, setelah sebelumnya lesu karena dihantam Covid-19.

Baca juga : Cegah Corona, Pengusaha Minta Buruh Tak Mogok

“Kita perlu mengetahui apa kebutuhan utama masyarakat untuk pemulihan ekonomi. Serta menyusun arah kebijakan dan menjaring usulan dalam rangka pemulihan ekonomi, khususnya di Kota Parepare. Banyak sektor harus kita hidupkan. Terlebih dalam kondisi pandemi saat ini. Mari berinovasi,” ajaknya.

Taufan memaparkan, penguatan ekonomi pusat berawal dari penguatan ekonomi daerah. Meski Parepare minim sumber daya alam dan hanya mengandalkan sektor jasa dan niaga, pihaknya berkeinginan menjadikan Parepare sebagai percontohan pertumbuhan ekonomi daerah.

Dibentuknya TPAKD, juga untuk mendorong ketersediaan akses keuangan seluas-luasnya kepada masyarakat, dalam rangka mendukung perekonomian daerah. Sekaligus, mencari terobosan, dalam rangka membuka akses keuangan lebih produktif.

Baca juga : Vaksin Corona Kunci Pemulihan Ekonomi

Menurut dia, hal ini dilakukan untuk menggali potensi ekonomi daerah dan dikembangkan, menggunakan produk dan layanan jasa keuangan. Serta mendorong optimalisasi potensi sumber dana di Kota Parepare, dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif. Antara lain untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), usaha rintisan dan membiayai pembangunan sektor prioritas.

Taufan juga meminta, semua instrumen di TPAKD, mulai OJK, BI, Ditjen Perbendaharaan hingga Forkopimda memiliki semangat tinggi dan totalitas. “Melalui wadah ini, mari kita tingkatkan pertumbuhan ekonomi kita semakin membaik,” tandasnya.

Sementara Kepala Biro Perekonomian Sulsel, Since Erna Lamba mengatakan, TPAKD di Parepare bisa berperan memajukan ekonomi masyarakat khususnya di wilayah pesisir. Hal ini sebagai upaya mewujudkan, menjaga dan me-ningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca juga : Pesona Alam Jaminan Kebersihan dan Kesehatan Tamu

“Termasuk bagaimana menjaga stabilitas harga di pasar pada masa Covid-19. Mari kita semua terlibat dan bekerja sama dalam memajukan ekonomi di daerah,” ajaknya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.