Dark/Light Mode

Supaya Ekonomi Nasional Bangkit

PAN: Bansos Tunai Lanjutin Aja Dong

Sabtu, 6 Februari 2021 11:10 WIB
Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno. (Foto: Istimewa)
Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) optimis, ekonomi Indonesia bisa bangkit. Sekalipun Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, daya beli masyarakat Indonesia masih rendah. Solusinya, tangani
pandemi dengan baik, dan terus salurkan bantuan sosial tunai.

“Bantuan Langsung Tunai (BLT) diperlukan untuk bisa menjaga daya beli masyarakat,” ujar Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Airlangga Cs Tak Waswas

Wakil Ketua Komisi VII DPR ini mengatakan, ada dua kunci agar Indonesia bangkit secara ekonomi. Pertama, bagaimana pemerintah secara efektif menangani pandemi dan tidak menyebar lebih banyak lagi. Sebagai catatan, angka penyebaran Covid-19 saat ini sudah tembus lebih dari 1 juta.

Untuk itu, kata dia, perlu penegakan disiplin dan hukum untuk mencegah penyebaran virus asal Wuhan, China itu. Di antaranya, meningkatkan Tracing, Testing, Treatment (3T) sebagai kompas yang menavigasi arah perjalanan masyarakat.

Baca juga : Masyarakat Bogor Habiskan Dana Bansos Tunai Hanya Dalam 2 Minggu

Kedua, melakukan upaya pemulihan ekonomi. Salah satunya, dengan memberikan bantuan sosial (bansos) tunai kepada masyarakat. Dia menyebut, bantuan tunai efektif menghidupkan konsumsi rumah tangga yang saat ini terpuruk akibat pandemi. “Fraksi PAN mengusulkan bansos tunai, karena sangat diharapkan rumah tangga dan dapat menggerakkan perekonomian. Khususnya perekonomian UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah-red),” sebutnya.

Soal data baru yang dirilis BPS, Eddy menyarankan, hal tersebut sebagai momentum di tahun ini untuk menggencarkan pemberian semua jenis bansos tunai kepada masyarakat, sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Baca juga : Empat Hari Pasca Banjir, PLN Tuntaskan Pemulihan Listrik Manado

“Kalau ini semua dilakukan,insya Allah kita optimis di Kwartal Satu (Q1) 2021 nanti pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah positif dan pemulihan ekonomi bisa dipercepat,” pungkasnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.