Dark/Light Mode

Demokrat Kubu Moeldoko Belum Daftarkan Hasil KLB Ke Kemenkumham

Kamis, 11 Maret 2021 20:37 WIB
Sekjen Partai Demokrat versi KLB Sibolangit, Jhoni Allen Marbun. (Foto: Net)
Sekjen Partai Demokrat versi KLB Sibolangit, Jhoni Allen Marbun. (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) Sibolangit, Jhoni Allen Marbun mengakui belum melaporkan hasil KLB ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Jhoni mengklaim, pihaknya sudah siap melaporkan hasil KLB beberapa waktu lalu. Tapi belakangan, mereka baru menyadari, ada sejumlah berkas KLB Sibolangit yang belum lengkap.

"Berproses dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sesegera mungkin. Tidak perlu buru-buru, bahkan tidak perlu demo-demo," tutur Jhoni dalam konferensi pers yang digelar di Jalan Terusan Lembang D54, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/3).

Baca juga : Moeldoko Memilih Jalan Sunyi

Saat ini, dikatakannya, kubu KLB masih mengumpulkan foto-foto kegiatan dari tim dokumentasi acara. Jhoni mengakui, dokumentasi kongres tidak diurus dengan baik sejak awal.

Dia pikir, dokumentasi cukup dengan memanggil orang-orang dokumenter, termasuk dari daerah, untuk menunjukkan dokumentasi bahwa acara itu memang betul-betul ada. Ternyata, tak sesederhana itu.

"Memang kami sedikit lengah, karena tidak ada niat lain-lainnya, dokumentasi saja. Sekarang sedang dikumpulkan dari yang membawa kamera itu," bebernya.

Baca juga : Kemenkumham Belum Terima Hasil KLB Demokrat Moeldoko

Sebelumnya, Partai Demokrat versi KLB Sibolangit yang mengangkat Moeldoko sebagai ketua umum, mengaku sudah mendaftarkan hasil KLB ke pemerintah. Panitia KLB Ilal Ferhard menyatakan, Kemenkumham telah menerima berkas-berkas KLB Demokrat.

"Sudah masuk di sana (Kemenkumham), antara jam 12 atau pukul 14. Jadi sudah diantar dan sudah diterima di Kumham. Di sana kan ada tim advokasi kita. Yang penting kan dinyatakan masuk dulu ke situ," ucap Ilal di Mall Bellagio, Kuningan, Jakarta, Selasa (9/3).

Ucapan Ilal ini kemudian dibantah oleh Kemenkumham. Menkumham Yasonna H Laoly mengaku belum menerima berkas yang diserahkan kubu KLB. "Belum, belum saya terima," kata Yasonna kepada wartawan, Selasa (9/3) pukul 22.42 WIB.

Baca juga : Kalau Ketemu Kubu Moeldoko Di Kemenkumham, AHY Mau Kasih Senyum

Keesokan harinya, Direktur Tata Negara Ditjen AHU Kemenkumham, Baroto, juga memastikan, pihaknya belum menerima susunan kepengurusan Partai Demokrat kubu Moeldoko.

Bola panas keabsahan Partai Demokrat dan hasil KLB Sibolangit sendiri saat ini berada di tangan Kemenkumham. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.