Dark/Light Mode

PDIP Dan Gerindra Tak Goyah Karena Korupsi

Aneh Tapi Nyata

Selasa, 23 Maret 2021 06:20 WIB
Ilustrasi PDIP dan Gerindra. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi PDIP dan Gerindra. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sementara itu, Wakil Ketua Umum Gerindra, Habiburokhman menilai, dukungan anak muda terhadap partainya karena sikap politik partai. Dia mengklaim, Gerindra selama ini konsisten mendorong anak muda terlibat di pemerintahan.

“Mungkin dukungan anak muda kepada kami mengalir karena melihat sikap politik kami yang banyak mengakomodir idealisme mereka. Kami konsisten mendorong pelibatan anak-anak muda dalam bidang pemerintahan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, dia mengapresiasi hasil survei itu. Apalagi survei itu merupakan dukungan dari anak muda yang merupakan segmen terbesar dalam beberapa Pemilu terakhir.

Baca juga : Takut Nikah Karena Bumi Sudah Hancur

Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Aisyah Putri Budiarti menduga, tingginya hasil survei Gerindra dan PDIP dipengaruhi faktor kekuatan politik hasil pemilu sebelumnya, dan faktor tokoh partai. Gerindra dan PDIP bagaimana pun merupakan partai politik pemenang pemilu.

“Selain itu, mereka juga memiliki tokoh yang populer sebagai capres pada pemilu lalu dan ke depan,” katanya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dia menyebutkan, beberapa elit partai yang kini digadang-gadang jadi Capres berasal dari Gerindra dan PDIP. Di antaranya, Prabowo, Sandiaga Uno dan Ganjar Pranowo. “Nama-nama itu yang dianggap potensial,” katanya.

Baca juga : Tetap Tinggi, Diskon PPnBM Tak Goyahkan Harga Mitsubishi Xpander Bekas

Namun begitu, kata Putri, dari hasil survei itu, ada lebih dari 40 persen belum menentukan jawabannya. Menurutnya, mereka itu merupakan masyarakat yang kritis dan kecewa terhadap performa partai politik. “Dari hasil survei indikator ini juga telihat bahwa responden menempatkan partai dan DPR sebagai institusi demokrasi yang paling tidak dipercayai,” katanya.

Masih tingginya elektabilitas PDIP dan Gerindra, juga membuat kaget warga dunia maya. “Ternyata oh ternyata.. Di luar dugaan...“ cuit akun @agathaananda. “Orang daerah sana mudah digiring opini modal cinta dunia, makanya partai korupsi terbesar hingga trilliun masih berjaya dan harum namanya,” kata akun @Laz_Antiroma.

“Karena kan rakyat suka partai korupsi dan pejabat korup lah buktinya PDIP tetap jadi pilihan utama rakyat indonesia,” timpal akun @Muslimjawa1.

Baca juga : Tak Usah Pamer Sertifikat Vaksinasi Di Media Sosial

“Kebijakan politik partai akan kelihatan mulai tahun 2022 akhir bro, tapi ya politik bisa jadi akan berubah nanti petanya. Survei baru test ombak sekarang,” cuit akun @panjianom102. “Nggak penting 2024 #golput #anakmudagolput #2024golput,” sindir akun @ring1_. “Saya bukan orang partai, tapi menurut saya, partai semua sama. Coba sebutkan 1 partai yang bersih dari korupsi?” timpal akun @Yitno57. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.