Dark/Light Mode

Geliatkan Sektor Pariwisata

Hasto Serukan Cintai Indonesia Bak Soekarno

Rabu, 7 April 2021 22:09 WIB
Hasto Kristiyanto (Foto: Ist)
Hasto Kristiyanto (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, PDI Perjuangan mendukung lingkungan hidup yang lestari. Dan gerakan mencintai bumi sebagai kekuatan utama bangkitnya sektor pariwisata.

"Pariwisata harus terintegrasi dengan politik hijau, serta program kedaulatan pangan nasional," tutur Hasto dalam rapat koordinasi nasional bidang pariwisata DPP PDI Perjuangan yang digelar secara virtual, Rabu (7/4). 

Rapat itu dipimpin oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang hadir secara virtual, serta Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang hadir di kantor pusat partai di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. 

Selain Hasto, jajaran DPP PDI Perjuangan juga hadir. Di antaranya adalah Wasekjen Sadarestuwati, Wiryanti Sukamdani, Sri Rahayu, Ribka Tjiptaning, dan Eriko Sotarduga. Sejumlah anggota DPR juga hadir seperti Andreas Hugo Pareira yang menjadi moderator. Ratusan pengurus DPC dan DPD PDI Perjuangan dari seluruh Indonesia menjadi peserta acara itu.

Berita Terkait : Menterinya Jokowi Satu Suara Sama PDI Perjuangan

Sejumlah menteri juga hadir sebagai pembicara. Di antaranya adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Hasto Kristiyanto menjelaskan, bahwa bicara pariwisata tak bisa dilepaskan dari tujuan mewujudkan Indonesia yang berkepribadian di dalam kebudayaan. Artinya, berbasis pada kecintaan pada budaya Indonesia yang asli dan kaya.

Hasto menuturkan, Ketua DPP PDI Perjuangan bidang UMKM, Ekonomi Kreatif dan Digital, Prananda Prabowo, pernah membuat lagu yang terinspirasi dari Proklamator RI Soekarno, yang juga kakeknya. Yakni bagaimana Bung Karno, dalam setiap pandangan serta alam pikirnya, selalu mencintai Indonesia.

"Judulnya, Aku Mencintai Indonesia. Yang menggambarkan politik pariwisata bisa dilakukan dengan baik, jika kita punya semangat yang sama seperti Bung Karno, mencintai Indonesia tanpa batas," kata Hasto.

Berita Terkait : Peringati Paskah Di Rumah, Hasto Gelorakan Semangat Berkorban Di Tengah Pandemi

Menindaklanjuti perintah Megawati, lanjut Hasto, PDI Perjuangan mendirikan Badan Kebudayaan Nasional (BKN) yang akan berkolaborasi dengan DPP bidang pariwisata. Sehingga mampu menunjukkan ragam kebudayaan Indonesia yang berbeda dengan Eropa, China, atau Timur Tengah.

"Perencanaan pembangunan kita harus memperhatikan perubahan iklim yang dampaknya yang dahsyat dalam bencana lingkungan," kata Hasto. 

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani menambahkan, Megawati mendorong kader partai melaksanakan politik hijau untuk melestarikan lingkungan sebagai basis pengembangan pariwisata Indonesia ke depan. Lingkungan harus menjadi daya tarik utama. Sehingga setiap daerah harus berinovasi dengan produk wisata yang berbasis politik hijau yang menjaga lingkungan, namun juga memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Karena itu, pada rakor tersebut pihaknya membahas bagaimana sektor lingkungan hidup jadi ujung tombak bangkitnya pariwisata Indonesia. "Bu Mega sudah menginstruksikan Gerakan Penanaman Pohon secara masif di seluruh Indonesia. Ini bukan sekedar melawan krisis akibat global warming. Namun juga jadi motor kita mendorong pariwisata hijau dan gerakan kedaulatan pangan kita," urai Wiryanti.

Baca Juga : Dibekali Fitur Baru, Hyundai New Santa Fe Mewah Dan Gagah

Artinya, sambung dia, eduwisata agro jadi salah satu jalan keluar agar perekonomian pariwisata Indonesia bangkit kembali. [EFI]