Dark/Light Mode

Jadi Saksi Sejarah

Steven Rumangkang Ungkap Terciptanya Logo Dan Bendera Partai Demokrat

Rabu, 14 April 2021 21:45 WIB
Pendiri Partai Demokrat Steven Rumangkang. (Ist)
Pendiri Partai Demokrat Steven Rumangkang. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendiri Partai Demokrat Steven Rumangkang menegaskan, ide dan gagasan ihwal logo/lambang dan bendera Partai Demokrat memang datang dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dalam proses pengerjaannya kata dia, SBY dibantu Pendiri Partai Demokrat Nomor 30 Ifan Pioh, dan Vence Rumangkang, yang juga pendiri Partai Demokrat.

Steven menegaskan, tahu sejarah lambang dan pembuatan bendera Partai Demokrat karena dirinya dan mendiang ayah (Vence Rumangkang) terlibat langsung dalam pembuatan desain tersebut.

Baca juga : Jokowi Minta Penyaluran Bantuan Untuk Korban Bencana Di NTT-NTB Dikebut

"Saya membuat serta menyempurnakan semua arahan dari Bapak SBY dalam bentuk teknis visual, sehingga terbentuk 'bintang segi tiga merah putih' dengan latar belakang warna dasar biru dan biru muda serta tulisan Partai Demokrat di bawahnya, seperti yang digunakan saat ini,” ungkap Mantan suami artis Angel Karamoy ini menjelaskan dalam keterangan persnya, Rabu (14/4/2021).

Steven mengaku, turun tangan langsung dalam kerja desain grafis, dan sering berdiskusi dengan Vence Rumangkang untuk menterjemahkan ide dari SBY.

“Beliau meminta agar logo partai dibuat seperti 'bintang tiga’, pucuk atasnya menyimbolkan Nasionalis-Religius, kaki pertama mewakili Humanisme dan kaki kedua mewakili Pluralisme,” paparnya.

Baca juga : Sigap Atasi Kebakaran Kilang Balongan, Pertamina Patut Diapresiasi

Agar tercipta logo Partai Demokrat yang genuine dan tidak menyerupai logo tertentu yang sudah ada, Steven memutuskan menggunakan Adobe Illustrator & Photoshop dan memakai font Times New Roman yang tersedia pada semua komputer.

Tujuannya untuk memudahkan bagi pengurus daerah saat mencetak logo tersebut.

Diceritakan, saat pertama kali didaftarkan ke Menteri Hukum dan Ham (Menkumham), logo bintang segi tiga milik Partai Demokrat itu masih dibingkai segi lima dasar hitam yang juga merepresentasikan Pancasila. Namun, menjelang Deklarasi 2002, SBY merasa lambang dan pilihan warnanya masih belum optimal.

Baca juga : Menang Lagi, Italia Dan Inggris Puncaki Grup

“Agar logo Bintang Segitiga terlihat lebih dinamis, bingkai segi lima dihapus,” ujar Steven.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.