Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sigap Atasi Kebakaran Kilang Balongan, Pertamina Patut Diapresiasi

Jumat, 2 April 2021 13:10 WIB
Ilustrasi kilang Balongan terbakar. (Foto: Antara)
Ilustrasi kilang Balongan terbakar. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menyebut, respon PT Pertamina (Persero) atas kejadian terbakarnya Tanki T301 Kilang RU VI Balongan sudah sangat baik.

Selain sigap memadamkan api, Pertamina juga sigap mengamankan pasokan BBM nasional, sehingga gejolak kekurangan pasokan tidak terjadi.

"Diantara 70 lebih tangki minyak hanya 4 tangki yang mengalami kebakaran, dampaknya sekitar 7 persen dari total kapasitas kilang Balongan yang terbakar akibat insiden kemarin," kata Mamit dalam diskusi virtual 'Terbakarnya Tanki Balongan, Pasokan BBM Aman' yang diselenggarakan oleh Energy Watch, bekerjasama dengan APEI dan Ruang Energi, Kamis (1/4).

Baca juga : Strategi Penguatan UMKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Menurut dia, Pertamina sudah cukup responsive atas kejadian yang menimpa saat ini, termasuk evakuasi masyarakat di sekitar kilang minyak hingga penangangan para korban.

Mamit menyebut, Pertamina juga patut diapresiasi karena sudah melakukan trauma healing di posko pengungsian pada anak-anak yang tinggal di sekitar kilang Balongan.

"Pertamina saat ini dinilai sudah lebih responsibility. Saya menghimbau masyarakat jangan panik karena apa yang dikhawatirkan tidak terjadi. Masyarakat harus tahu, bahwa Pertamina saat ini siap dalam kondisi apa pun," tuturnya.

Baca juga : Kalau Terbukti Ada Kelalaian, Nggak Bakal Dikasih Ampun

Di acara yang sama, Direktur Eksekutif Indonesia Resourcess Study (IRESS) Marwan Batubara juga meminta PT Pertamina (Persero) menjelaskan ke publik atas isu yang ramai diperbincangkan bahwa kebakaran Tanki Kilang Balongan, bakal memicu importasi BBM dari luar negeri.

"Karena itu, Pertamina bisa menjelaskan ke masyarakat tentang fakta yang sebenarnya agar berita bohong (hoax) bisa dihindari," ujar Marwan.

Sementara itu Politisi Partai Hanura, Inas N Zubir meminta kepada masyarakat untuk tidak panik dan termakan berita bohong (hoax) soal pasokan BBM Pertamina yang terganggu akibat Tanki T301 di Kilang RU VI Balongan terbakar.

Baca juga : Alhamdulillah, 4 Tanki Di Kilang Balongan Berhasil Dipadamkan

Inas yang juga pernah bertugas di Komisi VII DPR-itu mengaku mengetahui betul bahwa sistem rantai pasok Pertamina sudah sangat baik.

"Pertamina telah melakukan mitigasi risiko dengan baik, sehingga 'shut down' yang terjadi pada Kilang Balongan, bisa di Back-Up dari Kilang lainnya, salah satunya dari Kilang RU IV Cilacap dan juga dari Tanki Plumpang, Jakarta Utara," ujar Inas. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.