Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pemilu Luar Negeri

Meriah, Pesta Demokrasi Indonesia di Beijing

Senin, 15 April 2019 03:47 WIB
Dubes Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun, berswa foto bersama para mahasiswa Indonesia di sela acara pencoblosan di KBRI Beijing, China, Minggu (14/4). (Foto: KBRI China)
Dubes Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun, berswa foto bersama para mahasiswa Indonesia di sela acara pencoblosan di KBRI Beijing, China, Minggu (14/4). (Foto: KBRI China)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suasana Minggu (14/4) pada musim semi di KBRI Beijing meriah sekali, tidak seperti biasanya. Dalam rangka Pemilu 2019, Warga Negara Indonesia, sebagian besar terdiri dari pelajar/mahasiswa, yang berdomisili di wilayah Beijing dan sekitarnya, melakukan pencoblosan surat suara di Halaman KBRI Beijing,Tiongkok.

Menurut Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Beijing, Eddy Susanto, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di PPLN Beijing berjumlah 2065 pemilih. Mereka yang menggunakan hak suara di TPS KBRI berjumlah 864 pemilih (belum termasuk Daftar Pemilih Tambahan dan Daftar Pemilih Khusus). Sedangkan yang menyampaikan hak suaranya melalui pos, ada 1.201 orang.

"PPLN Beijing meliputi beberapa kota di Tiongkok, dan wilayah akreditasi KBRI Beijing yaitu Mongolia," jelas Eddy.

Berita Terkait : Coblosan di Penang, Malaysia Aman dan Lancar

Sebelum pencoblosan berlangsung, Duta Besar Indonesia untuk China dan Mongolia, Djauhari Oratmangun berdialog dengan Ketua serta Anggota PPLN dan KPPSLN. Hal itu ditujukan agar semua menjunjung asas pemilu yang jujur dan adil, aman, dan dalam suasana merayakan pesta demokrasi lima tahunan.

Dubes Djauhari menegaskan, Minggu (14/4) merupakan hari bersejarah dalam demokrasi Indonesia. Khususnya, bagi WNI yang berada di wilayah kerja KBRI Beijing dan Mongolia. Dubes Djauhari juga berpesan, agar pemilih dapat terlayani dengan baik dan pelaksanaan pemilu di Beijing khususnya, dapat berjalan lancar.

"Kepada PPLN dan KPPSLN agar selalu menjaga integritas dan netralitas dalam melaksanakan tugas pemilu, demi pemilu yg berkualitas" tegasnya.

Berita Terkait : Coblosan Lancar, PPLN Kopenhagen Masih Nunggu Sisa Surat Suara Via Pos

Pimpinan dan seluruh jajaran Staff KBRI Beijing bersama-bersama PPLN, yang anggotanya juga terdiri dari para mahasiswa Indonesia, turut mendukung kelancaran, ketertiban dan kesuksesan pelaksanaan Pemilu 2019 di Beijing.

Untuk menjamin kelancaran dan keamanan jalannya pesta demokrasi lima tahunan yang melibatkan masyarakat luas ini, PPLN bersama-sama KBRI Beijing telah mempersiapkan langkah-langkah pengamanan yang diperlukan. Antara lain menyiapkan perangkat CCTV dan metal detector di pintu masuk KBRI Beijing, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, KBRI Beijing juga telah meminta pihak keamanan China, untuk turut mengamankan kegiatan Minggu (14/4) dan penghitungan suara tanggal 17 April 2019. Pencoblosan dijadwalkan berlangsung pukul 8 pagi, sampai pukul 6 waktu setempat.

Berita Terkait : Terpilih Lagi, Kim Jong-un Diselamatin Xi Jinping

KBRI Beijing menyambut gembira antusiasme masyarakat Indonesia di Beijing yang ikut menyukseskan Pemilu 2019 yang istimewa, karena pemilihan Presiden-Wakil Presiden dan Anggota Legislatif dilakukan secara serentak.

Bazar kuliner oleh masyarakat dan hiburan musik ikut memeriahkan Pemilu 2019 ini. Warga Indonesia yang tinggal di Ibukota China ini berbondong-bondong datang ke KBRI, untuk melaksanakan haknya memilih Presiden dan Wakil Presiden yang baru, serta calon anggota legislatif.

Bahkan langit biru dan cuaca cerah seolah ikut berpesta bersama WNI di KBRI Beijing. Sukses Pemilu 2019, Pemilih Berdaulat Negara Kuat! [HES]