Dark/Light Mode

Pertamina Raih Platinum Award di Ajang PR Indonesia Awards 2019

Jumat, 29 Maret 2019 21:53 WIB
Penghargaan Platinum Award yang diberikan untuk PT Pertamina (Persero) diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri, peci hitam) di Bandung, Kamis (28/3). (Foto: Humas Pertamina)
Penghargaan Platinum Award yang diberikan untuk PT Pertamina (Persero) diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri, peci hitam) di Bandung, Kamis (28/3). (Foto: Humas Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) menorehkan prestasi gemilang di ajang kompetisi Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2019, yang diselenggarakan PR Indonesia di Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/3).

BUMN ini mendapatkan apresiasi tertinggi Platinum Award, karena sukses menghimpun penghargaan terbanyak di hampir semua lini kategori PRIA 2019. Selain penghargaan tersebut Pertamina juga berhasil meraih 9 penghargaan dari 5 kategori. Yaitu kategori owned media, kanal digital, program Corporate PR, Program CSR, dan perusahaan terpopular di media.

Sembilan penghargaan tersebut meliputi predikat gold yang diraih Energia edisi Januari 2018 dalam kategori owned media sub kategori media cetak. Predikat gold juga diperoleh media sosial Pertamina. Website meraih predikat silver untuk kategori kanal digital, serta Satgas RAFI 2018 untuk kategori program Corporate PR dengan predikat gold.

Berita Terkait : KPK : Banyak Suami Korupsi Karena Istri

Sedangkan kategori program CSR Community Based Development diberikan kepada RU III Plaju - Cahaya di Kaki Langit Saruan dengan predikat gold, Pertamina TBBM Bandung - Ojek Makanan Balita (OMABA) dengan predikat silver, Pertamina Terminal BBM Cikampek - Pusat Pelayanan Desa Terpadu dan Digitalisasi Kampung dengan predikat silver, serta Pertamina TBBM Rewulu - Desa Wisata dan Budaya Gamol.

Khusus kategori terpopuler di media, PR Indonesia bekerja sama dengan iSentia, melakukan monitoring pemberitaan ratusan korporasi/lembaga/kementerian/pemerintah daerah di 20 koran nasional, 40 koran daerah dan 110 majalah mainstream di Indonesia sepanjang tahun 2018.

Pertamina juga dinobatkan sebagai BUMN terpopuler di media. Anak perusahaan dan afiliasi Pertamina juga turut berjaya, di satu-satunya ajang kompetisi praktisi PR paling komprehensif di Indonesia ini.

Berita Terkait : Arema FC Keluar, Persib Masuk 8 Besar

Pertamina EP, Pertamina Drilling Services Indonesia, Tugu Pratama Indonesia Tbk, dan Badak LNG juga meraih penghargaan dalam berbagai kategori.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyampaikan, prestasi ini merupakan karya seluruh praktisi PR Pertamina Group. Pencapaian yang diraih Pertamina Group di ajang PR Indonesia Award 2019 ini, menjadi indikator dalam mengukur capaian kinerja PR di mata stakeholders.

Apresiasi yang diterima malam ini juga menjadi salah satu bukti bahwa kinerja kehumasan Pertamina Group diakui oleh masyarakat Indonesia. "Prestasi yang kami terima sekarang menjadi cambuk bagi kami, praktisi PR di Pertamina Group, untuk terus mempertahankan kinerja kehumasan yang sudah bagus di mata stakeholders. Kami terus berupaya meningkatkan kinerja di masa yang akan datang," ujar Fajriah, usai menerima penghargaan.

Berita Terkait : Pertama Dibuka Di Palestina, Kelas Bahasa Indonesia Ramai Peminat

Jumlah entri PRIA 2019 mencapai 476 entri, meningkat dibanding tahun lalu, 363 entri. Penjurian nonpresentasi dilakukan pada tanggal 22 dan 25 Februari 2019. Sementara penjurian presentasi 4 – 6 Maret 2019.

Tercatat, ada 15 juri menilai ratusan produk kehumasan tersebut. Para juri itu terdiri dari pakar PR, praktisi senior PR, konsultan/agensi PR, dan tokoh asosiasi/organisasi PR. [HES]