Dark/Light Mode

Hasil Investigasi Segera Diumumkan

Sebelum Hari Pencoblosan, KPU Jamin Masalah Di Malaysia Kelar

Senin, 15 April 2019 07:47 WIB
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi. (Foto: Istimewa).
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus surat suara tercoblos di Malaysia masih belum menemui titik terang. Namun KPU memastikan, sebelum 17 April atau hari pencoblosan, masalah ini bisa kelar.

Kemarin, perwakilan komisioner KPU kembali terbang ke Malaysia. KPU akan kembali melakukan investigasi setelah sebelumnya sempat mengalami kendala.

Baca juga : Soal Surat Suara Tercoblos, Polisi Malaysia Rese

“Tadi pagi (kemarin) komisioner KPU berangkat ke Malaysia lagi, mendalami beberapa hal untuk kita pastikan. Mudah-mudahan besok (hari ini) bisa kita sampaikan hasilnya,” kata Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi di Plaza, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (14/4).

Pramono optimistis, kasus tersebut bakal segera terungkap. “Sebelum 17 April, selesai,” tegasnya.

Baca juga : Dua WNI Jadi Korban Penembakan Massal Selandia Baru

Pramono mengakui, KPU awalnya memang mengalami kendala untuk mengakses langsung surat suara tercoblos ini. Karena peristiwa itu terjadi di luar KBRI atau KJRI.

Meski demikian, KPU tetap yakin investigasi bisa rampung sebelum 17 April 2019. Karena menurut Pramono, ada pemisahan antara persoalan hukum dan persoalan kepemiluan. Sehingga penyelidikan yang dilakukan kepolisian Malaysia tak menganggu investigasi KPU.

Baca juga : Pemerintah Tidak Akan Ambil Lahan Konsesi

“Kita akan pastikan beberapa hal, soal jumlah, soal kesalahan ada di mana. Sehingga kita betul-betul bisa mengambil jalan keluar berdasarkan data dan fakta lebih akurat,” jelas Pramono.

Sementara itu, Polisi Diraja Malaysia (PDRM) dikabarkan hari ini akan membuat kesimpulan dari investigasi yang dilakukan. Hal ini disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.