Dark/Light Mode

Jokowi di Tanah Suci, Prabowo di Tanah Sentul

Selasa, 16 April 2019 08:49 WIB
Capres 01 okowi beserta rombongan, saat umroh Senin (15/4). (Foto: Biro Pers)
Capres 01 okowi beserta rombongan, saat umroh Senin (15/4). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang pencoblosan, dua capres melakukan kegiatan berbeda. Jokowi umroh di Tanah Suci Mekkah. Sementara Prabowo beraktivitas di tanah Hambalang, kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Jokowi bersama istrinya, Iriana dan kedua anaknya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, menjalankan ibadah umrah, Senin (15/4) pagi. Video detik-detik Jokowi sedang melaksanakan ibadah umrah dibagikan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Baca juga : Di Tanah Suci, Jokowi Dijemput Pejabat Saudi

Video pertama memperlihatkan bagaimana Jokowi akan memasuki Ka’bah. Jokowi dikawal ketat petugas kerajaan. Puluhan petugas membentuk pagar, melindungi Jokowi dan keluarga yang hendak memasuki Ka’bah.

Dalam akun Facebook-nya, Jokowi juga mengunggah fotonya ketika keluar dari Ka’bah. “Labbaik Allahumma Labbaik. Aku datang memenuhi panggilanMu, Ya Allah. Subuh ini, saya dan keluarga mendapat kehormatan untuk memasuki Ka’bah di Masjidil Haram. Hanya ucapan syukur yang bisa saya panjatkan ke hadirat Allah SWT untuk kesempatan menjejak ruang dalam Baitullah.” Begitu doa Jokowi.

Baca juga : Usai Debat, Jokowi Terbang Ke Tanah Suci Untuk Umrah

Dia juga mengucapkan salam dari Tanah Suci untuk seluruh rakyat Indonesia. Indonesia. Seusai masuk ke dalam Ka’bah, Jokowi bersama rombongan melakukan thawaf dan mencium Hajar Aswad. Kemudian, dilanjutkan dengan shalat Subuh berjamaah di depan mul- tazam. Setelah shalat, Jokowi bersama rombongan melaksanakan sai.

Mengakhiri ibadah umrah, Jokowi dan rombongan melakukan tahalul pada pukul 06.37 waktu setempat. Jokowi memotong beberapa rambut putra pertamanya, Gibran Rakabuming Raka. Kemudian, berlanjut ke Kaesang Pangarep. Dia juga memotong beberapa helai rambut Ibu Iriana. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang turut dalam ibadah umrah juga dipotong sedikit rambutnya oleh Jokowi.

Baca juga : Jokowi Diyakini Raih 55 Persen Suara di DKI

Turut serta mendampingi Presiden, Menlu Retno Marsudi, dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. Para peserta ibadah umrah memi- num air zamzam di dalam gelas berwarna putih. Setelah itu Jokowi dan rombongan menuju Jeddah. Sebelum akhirnya terbang kembali ke Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.