Dark/Light Mode

Tsamara Amany Jadi Primadona

71,4 Persen WNI di Moskow Coblos Jokowi-Maruf

Jumat, 19 April 2019 02:59 WIB
Suasana penghitungan suara Pemilu 2019 di KBRI Moskow, Rusia, Rabu (17/4). (Foto: KBRI Moskow)
Suasana penghitungan suara Pemilu 2019 di KBRI Moskow, Rusia, Rabu (17/4). (Foto: KBRI Moskow)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tepuk tangan WNI yang hadir menyaksikan penghitungan perolehan surat suara Pemilu 2019 menggema, menutup rampungnya proses penghitungan surat suara melalui TPSLN dan Pos di KBRI Moskow.

Sesaat kemudian, para hadirin pun saling menyalami dan memberikan ucapan selamat dengan penuh suka cita telah dilaksanakannya Pemilu 2019 di Moskow dengan lancar.

Kegiatan penghitungan surat suara yang berlangsung tanggal 17 April 2019 pukul 09.00-18.30 disaksikan langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, segenap staf KBRI Moskow, dan sebagian warga masyarakat Indonesia yang berdomisili di Moskow dan sekitarnya.

Baca juga : 72 Persen WNI di Hongaria Pilih Jokowi-Maruf

Kegiatan penghitungan suara juga disiarkan secara langsung melalui Youtube, sehingga WNI di Rusia yang tidak dapat hadir secara langsung, maupun warga masyarakat lainnya di segenap penjuru dunia yang ingin mengetahui penghitungan suara, dapat turut menyaksikan jalannya proses penghitungan suara Pemilu 2019 di KBRI Moskow.

Dubes Wahid menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas kerja keras PPLN dan KPPSLN Moskow, dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan kegiatan Pemilu 2019.

“Saya juga sangat mengapresiasi partisipasi warga Indonesia di Rusia, yang sangat antusias dan tertib menyalurkan hak suara mereka pada Pemilu 2019 di Moskow, tanggal 14 April lalu. Begitu juga yang hadir memantau penghitungan suara 17 April 2019”, tambah Dubes Wahid.

Baca juga : Populi : 60 Persen Sampel Sudah Masuk, Jokowi-Maruf Unggul

Paslon 01 Jokowi-Maruf unggul 71,4 persen di Moskow Rusia. Pasangan tersebut berhasil meraup 404 suara, yang terdiri dari 272 suara di TPSLN dan 132 suara melalui pos.

Sementara pasangan nomor urut 2, Prabowo-Sandi hanya mengantongi 26,3 persen suara. Mereka hanya memperoleh 149 suara, yang terdiri dari 91 suara TPSLN dan 58 suara melalui pos.

Ada 2,3 persen surat suara tidak sah atau total 13 surat suara, yang terdiri dari 7 surat suara TPSLN dan 6 surat suara dari pos. Total surat suara yang diterima PPLN Moskow berjumlah 566, yang terdiri dari 370 surat suara TPSLN dan 196 surat suara pos.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.