Dark/Light Mode

Hasil Survei JSI

Prabowo-Sandi Merosot, Jokowi-Ma’ruf Meroket

Minggu, 31 Maret 2019 14:02 WIB
Logo Jaringan Suara Indonesia
Logo Jaringan Suara Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf berhasil mengalahkan Prabowo-Sandi. Dalam hasil survei Jaringan Suara Indonesia (JSI), Jokowi-Ma'ruf kembali mengungguli Prabowo-Sandi.

Direktur Eksekutif JSI Fajar S Tamin mengatakan, Jokowi-Ma'ruf meraih angka 55,6 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi dengan 26,1 persen. 

Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf terus beranjak naik. Pada Oktober 2018, Jokowi-Ma'ruf berada di angka 54,8 persen. Prabowo-Sandi justru turun. Dalam survei Oktober 2018, capres-cawapres nomor urut 02 ini meraih angka 30,8 persen.

Baca juga : Survei CSIS: Jokowi-Maruf Masih Tetap Unggul

“Keunggulan Jokowi-Ma'ruf dipengaruhi strong supporters pasangan 01 yang mengalami kenaikan,” ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, hari ini (Minggu, 31/3).

Fajar menambahkan, pada Oktober 2018 strong supporters Jokowi-Ma'ruf sebesar 47 persen. Strong supporters ini mengalami kenaikan pada Maret 2019 menjadi 51,3 persen. Sedangkan strong supporters Prabowo-Sandi mengalami penurunan dari Oktober 2018 sebesar 15,3 persen menjadi 24 persen pada Maret 2019.

"Tingkat strong supporters-nya sudah di atas 50 persen dan kemungkinan untuk berpindah pilihan sulit. Namun, bisa dimanfaatkan dari swing voters sebesar 6,3 persen" tuturnya.

Baca juga : Surya Paloh Kampanyekan Jokowi-Maruf Pada Masyarakat Banggai

Untuk tingkat kesukaan para responden terhadap capres dan cawapres, Jokowi masih unggul dari ketiga nama calon pemimpin Indonesia. Kesukaan terhadap Jokowi mencapai 84,3 persen, disusul Ma'ruf Amin sebesar 78,5 persen. Sandiaga ada di posisi tiga sebesar 71,3 persen. Sedangkan Prabowo paling buncit yang disukai hanya 67,5 persen. 

Pilihan responden ini dipengaruhi kepribadian capres-cawapres sebanyak 38,3 persen. Kemudian, kemampuan capres-cawapres dalam memecahkan masalah di Indonesia 23,3 persen.  “Isu yang diangkat oleh capres-cawapres bisa menjawab persoalan di Indonesia saat ini 9,9 persen. Pengalaman dari capres-cawapres dalam pemerintahan 8,2 persen," terang Fajar.

Survei JSI dilakukan pada 3 hingga 8 Maret 2019 dengan metode multistage random sampling yang melibatkan 1.220 responden. Margin of error sebesar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. [HEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.