Dark/Light Mode

Jokowi-Maruf Unggul di Slowakia, PDIP Raih Suara Terbanyak

Jumat, 19 April 2019 09:13 WIB
Suasana penghitungan suara di KBRI Bratislava, Slowakia, Rabu (17/4). (Foto: KBRI Bratislava)
Suasana penghitungan suara di KBRI Bratislava, Slowakia, Rabu (17/4). (Foto: KBRI Bratislava)

RM.id  Rakyat Merdeka - Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf berhasil meraih 45 suara (78,947 persen) dalam penghitungan suara di KBRI Bratislava, Slowakia, Rabu (17/4). Sedangkan penantangnya, Paslon 02 Prabowo-Sandi hanya meraup 12 suara (21,053 persen). 

Penghitungan suara tersebut juga memunculkan 3 besar partai yang banyak dipilih WNI di Bratislava. Ketiganya adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai peraih suara terbanyak dengan 17 suara (33,333%), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan 13 suara (25,490%), dan Partai Golongan Karya (Golkar) dengan 7 suara (13,725 persen).

Baca juga : Jokowi-Maruf Unggul di Amerika Serikat

Animo WNI untuk mencoblos di Slowakia tergolong tinggi. Tingkat partisipasi WNI pemilih melalui pos, mencapai 100 persen. Sedangkan tingkat partisipasi melalui pemungutan suara di TPS mencapai 95,24 persen. Sehingga, total tingkat partisipasi di Slowakia adalah 97,62%.

Untuk mengakomodir WNI yang tidak dapat hadir saat penghitungan suara, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Bratislava melakukan streaming (live) di akun sosmed KBRI Bratislava melalui platform media sosial, Facebook dan Instagram.

Baca juga : Jokowi-Maruf Raih 78,4 Persen Suara di Swiss

“Kami sangat mengapresiasi seluruh unsur PPLN dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) yang telah menyelenggarakan kegiatan Pemilu 2019 dengan aman, tertib, dan lancar,” ujar Duta Besar RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso dalam keterangan tertulisnya. 

Penghitungan suara di KBRI Bratislava berlangsung pada Rabu (17/4), secara sederhana, aman, dan tertib.  Penghitungan dilakukan sejak pukul 10.00 hingga pukul 12.00 waktu setempat, dengan dihadiri Dubes Adiyatwidi, dan seluruh unsur staf/pejabat KBRI Bratislava dan WNI di Slowakia. [HES]

Baca juga : Jokowi-Maruf Menang 90,9 Persen di Iran


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.