Dark/Light Mode

Irma Chaniago Puji Pertumbuhan Sektor Pertanian Di Kuartal I-2021

Selasa, 11 Mei 2021 15:05 WIB
Politisi Partai NasDem Irma Suryani Chaniago (Foto: Istimewa)
Politisi Partai NasDem Irma Suryani Chaniago (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Politisi Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengapresiasi pertumbuhan sektor pertanian pada kuartal I-2021 yang tetap positif. Menurutnya, pertumbuhan itu merupakan modal dasar, sekaligus modal utama dalam membangkitkan sektor lainnya menuju perbaikan ekonomi nasional.

"Artinya sektor pertanian jadi penyumbang kestabilan ekonomi terutama dalam hal kesejahteraan buruh tani. Apalagi 30 persen pekerja di Indonesia bekerja di sektor pertanian," ujar Irma, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (11/5).

Baca juga : Kemendagri Serahkan 53 Akta Kematian Kepada Awak KRI Naggala 402

Irma melihat, sosok Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terbukti mampu membawa pertanian Indonesia ke arah yang jauh lebih baik. "Saya mau bilang bravo Kementan (Kementerian Pertanian), bravo Syahrul Yasin Limpo. Anda mampu membawa sektor pertanian tetap berada di jalur positif," katanya.

Sektor pertanian pada kuartal I-2021 mengalami pertumbuhan positif sebesar 2,95 persen. Subsektor tanaman pangan menyumbang 10,32 persen atau naik 2 digit dari perkembangan angka sebelumnya. Begitu pun dengan subsektor hortikultura yang tumbuh sebesar 3,02 persen dan peternakan 2,48 persen.

Baca juga : CIMB Niaga Auto Finance Capai Kelolaan Aset Hingga Rp 5,6 Triliun Di Kuartal I-2021

Menurut Irma, Kementan juga berhasil karena selama Puasa dan menjelang Lebaran mendatang mampu menstabilkan harga bahan pokok, sehingga masyarakat tetap khusyuk dalam menjalan ibadahnya. "Saya menilai Kementan mampu menjaga kestabilan harga pasar bahan pokok sekaligus mampu menjaga ketahanan pangan secara nasional," tutupnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indef Ahmad Tauhid juga mengatakan bahwa sektor pertanian masih akan tumbuh positif, meskipun pandemi Covid 19 masih berlangsung. Menurutnya, pertanain adalah sektor andalan yang harus dijaga bersama untuk perbaikan dan pertumbuan ekonomi nasional. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.