Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dicocok-cocokin Dengan AHY

Cak Imin Mulai Didagangin

Jumat, 4 Juni 2021 07:40 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: ANTARA/Reno Esnir)
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: ANTARA/Reno Esnir)

RM.id  Rakyat Merdeka - PKB ternyata punya ambisi besar dorong kadernya manggung di Pilpres 2024. Ketum PKB, Muhaimin Iskandar pun, kini mulai didagang-dagangin. Bahkan, politisi yang akrab disapa Cak Imin ini, sudah mulai dicarikan pasangannya. Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dicocok-cocokin layak berduet dengan Cak Imin.

Sebelumnya, Ketua DPP PKB, Faisol Reza mendorong partainya kembali berkoalisi dengan PDIP di Pilpres 2024. Dengan koalisi bersama PDIP, nantinya pasangan capres-cawapres yang akan diusung adalah Puan Maharani-Cak Imin.

Setelah usulan itu rame dikomentari berbagai pihak, kader PKB lain punya gagasan berbeda. Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid justru mengusulkan partainya berkoalisi dengan Partai Demokrat yang kini dipimpin AHY.

Baca juga : Kubu Moeldoko Kukuh Minta AHY Hadiri Sidang Mediasi

Dengan menggandeng Demokrat, Wakil Ketua MPR ini menyebut akan muncul poros baru di Pilpres 2024 yang diberi nama Poros Harapan Baru. Poros ini untuk merespons munculnya Poros Islam yang ditawarkan PKS dan PPP beberapa waktu lalu. Disebut Harapan Baru karena PKB ingin memberikan harapan baru di tengah pandemi dan menawarkan solusi di tengah krisis.

Lalu siapa yang akan diusung? Kata dia, PKB belum memutuskan siapa capres yang akan diusungnya. Namun sejauh ini, masukan yang paling banyak yakni menyandingkan Cak Imin dengan AHY.

Menurutnya, duet Cak Imin-AHY akan menjadi kombinasi yang luar biasa. Lebih bagus dan fresh. Duet sipil-militer, dan religius nasionalis. “Namun, semua itu tergantung respons dari masyarakat,” kata Jazilul, kemarin.

Baca juga : Demokrat Hormati Wacana Duet AHY-Cak Imin Di Pilpres 2024

Menurut Gus Jazil, sapaanya, masyarakat saat ini membutuhkan pemimpin yang fresh, yang berikan harapan dan mau turun tangan mengatasi keadaan yang serba sulit seperti sekarang.

Jazilul memastikan, duet tersebut masih sekadar wacana. Karena segala kemungkinan masih bisa terjadi. Tak cuma Cak Imin-AHY, pihaknya juga menerima masukan duet Puan-Cak Imin.

“Cak Imin belum ambil keputusan, masih pikir-pikir, meskipun desakan dari bawah makin kuat. Kita ikuti saja dinamikanya,” ujarnya.

Baca juga : Sosok Kartini Dalam Pembangunan Air Minum dan Sanitasi di Pedesaan

Bagaimana tanggapan Demokrat?

Ketua Bappilu Demokrat, Andi Arief mengapresiasi wacana duet tersebut. Menurut dia, duet itu bisa saja terwujud dalam pilpres nanti. Apalagi, Demokrat dan PKB itu sudah sering berkoalosi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.